nusabali

542 Polisi Amankan Nyepi di Tabanan

  • www.nusabali.com-542-polisi-amankan-nyepi-di-tabanan

Jelang perayaan Nyepi tahun saka 1941, Polres Tabanan bersama FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama), tokoh agama, PHDI, serta instansi terkait, menggelar rapat koordinasi (rakor) di Ruang Rapat Utama Mapolres Tabanan, Jumat (1/3).

TABANAN, NusaBali

Dalam rakor terungkap, polisi mengamankan 542 personel untuk pengamanan Nyepi di semua wilayah kecamatan.

Kapolres Tabanan AKBP I Made Sinar Subawa menjelaskan, pembahasan utama rakor tentang titik kerawanan secara umum dan langkah-langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi gesekan. ‘’Terlebih saat Hari Pangrupukan sangat rentan terjadi gesekan," ungkapnya. Dikatakan, pengamanan dilakukan sejak upacara Melasti hingga setelah Hari Raya Nyepi. 542 anggota disebar di seluruh kecamatan, dibantu jajaran TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan pecalang di seluruh desa pakraman. "Dalam pengamanan kami akan bersinergi dengan jajaran terkait, agar pelaksanaan Nyepi berjalan aman dan lancar,” tegasnya.

Menganai atensi khusus dari kepolisian, Sinar Subawa menjelaskan secara umum seluruh wilayah Tabanan aman, namun saat Pangrupukan menjadi atensi kepolisian. Sebab pada hari tersebut dilaksanakan Tawur Kasanga dan pengarakan ogoh-ogoh di masing-masing desa. "Pangrupukan kami turunkan semua personel untuk melakukan pengamanan dengan harapan pelaksanaan hari raya berjalan aman dan kondusif. Terlebih lagi perayaan Nyepi kali ini dibarengi dengan tahun politik, sehingga atensi khusus harus dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi agar tetap kondusif. "Kami harap kerjasama semua pihak, agar pelaksanaan hari Raya Nyepi ini berjalan aman dan lancar,” pintanya. *de

loading...

Komentar