nusabali

Sejam, 700 Kg Gula Ludes di Pasar Murah Ubung

  • www.nusabali.com-sejam-700-kg-gula-ludes-di-pasar-murah-ubung

Harga gula pasir di pasaran yang saat ini sudah mencapai Rp 16 ribu per kilogram. Kenaikan tersebut disebabkan menipisnya stok gula di distributor akibat dari produksinya di pulau Jawa yang telah selesai.

Hari Ini Giliran Pasar Nyanggelan Sidakarya
 
DENPASAR, NusaBali
Kenaikan harga gula inipun terjadi hampir di seluruh Indonesia tak terkecuali Bali.
Guna mengantisipasi terus melonjaknya harga gula, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar mengagendakan pelaksanaan pasar murah ini sebanyak 4 kali.  

Pasar murah telah menyasar dua pasar tradisional ini yaitu pasar Kreneng dan pasar  Ubung bekerjasama dengan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Denpasar. Selanjutnya pada Selasa (17/5) hari ini akan digelar di Pasar Nyenggelan Sidakarya dan pada Rabu (19/5) kembali digelar di pasar Kreneng.
 
Kadisperindag Kota Denpasar I Wayan Gatra yang didampingi Kabid Kerjasama dan Perilindungan Jarot Agung Iswayudi ditemui usai pasar murah di Pasar Ubung, Senin (16/5) kemarin mengatakan pasar murah ini untuk mengantisipasi terus melonjaknya harga gula di pasaran. "Setelah 4 kali pasar murah, kegiatan serupa akan terus dilakukan sampai pelaksanaan lebaran tahun ini," jelasnya. Menurut Gatra, meningkatknya harga gula di pasaran yang sampai mencapai Rp 16 ribu per kg di warung-warung juga dikarenakan kebutuhan masyarakat terhadap gula terus meningkat. Untuk itu Ia berharap agar masyarakat menggunakan gula seperlunya sehingga bisa mengurangi permintaan terhadap gula di pasaran.
 
Kabid Kerjasama dan Perilindungan Jarot Agung Iswayudi menambahkan untuk pasar murah yang dilakukan di pasar Ubung kemarin menyediakan gula sebanyak 700 kg. Harga gula yang dijual pada pasar murah ini seharga Rp 12.500,- yang jauh dibawah harga pasar saat ini. Dalam waktu satu jam saja gula yang disediakan telah habis di beli masyarakat. "Kami harapkan dengan adanya pasar murah dapat menekan harga gula yang saat ini telah mencapai Rp 16 ribu," harapnya. Dalam pelaksanaan pasar murah ini masyarakat dibatasi hanya bisa membeli gula maksimal 4 kg.  Pelaksanaan pasar murah ini akan terus keliling ke pasar tradisional yang ada di Kota Denpasar. Untuk itu masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan pasar murah yang akan dilakukan di sejumlah pasar tradisional tersebut.

General Menager PPI Cabang Kota Denpasar Antonius Eko Utomo mengatakan kegiatan pasar murah ini dilaksanakan secara nasional di mulai dari Bandung, Medan, Cirebon, Palembang dan Kota Denpasar. Pasar murah digelar khusus untuk gula kristal putih mengingat setiap memasuki bulan puasa sejumlah harga bahan pokok mengalami peningkatan termasuk harga gula mengalami kenaikan. 7 nv

loading...

Komentar