nusabali

Puluhan Peserta di Bawah Passing Grade

  • www.nusabali.com-puluhan-peserta-di-bawah-passing-grade

Tenaga pendidik sebagian besar di bawah passing grade, sedangkan tenaga penyuluh hampir semuanya mampu melewati passing grade.

Tes Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja


SINGARAJA, NusaBali
Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Buleleng, telah merilis nilai seluruh peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Hasilnya, puluhan peserta nilainya berada di bawah batas ambang minimal atau dibawah passing grade. Itu berarti, pegawai yang bersangkutan terancam tidak diterima sebegai P3K.

Seleksi sistem Computer Assistend Test (CAT) diikuti oleh sebanyak 126 orang peserta. Seleksi ini dilaksanakan sehari pada Sabtu (23/2) di gedung Lab SMAN 1 Singaraja, jalan Pramuka Singaraja. Pegumuman hasil seleksi CAT tersebut, telah disampaikan BKPSDM Buleleng, pada Senin (25/2) lalu, merujuk pengumuman portal http://drive.google.com/file/d/1Na9wAwujq4agplaRXDSHGGX9G0Blo02/view?usp=sharing. Melalui portal tersebut, seluruh peserta yang ikut seleksi CAT dapat melihat nilai yang diperoleh.

Dari pengumuman itu, sekitar 20 orang lebih peserta nilainya berada di bawah ambang batas minimal. Dalam Permen PAN RB Nomor 4 Tahun 2019 disebutkan, peserta dinyatakan lulus apabila memenuhi nilai ambang batas minimal yang ditentukan untuk tes komptensi dan tes wawancara. Untuk tes kompetensi, nilai kumulatif ambang batas minimal yaitu sebesar 65, dengan ketentuan nilai kompetensi teknis paling rendah 42.

Apabila ambang batas untuk tes komptensi tersebut telah terpenuhi, maka peserta harus memenuhi nilai ambang batas minimal untuk tes wawancara yaitu 15.

Dari sekitar 20 orang lebih peserta yang nilainya di bawah passing grade, sebagian besar adalah tenaga pendidik. Sedangkan tenaga penyuluh, hampir semuanya berada di atas passing grade.

Semula Kementerian Pemberdayaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) memberikan 157 formasi untuk Pemkab Buleleng. Jumlah formasi tersebut terdiri dari tenaga pendidik sebanyak 115 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 3 formasi, dan penyuluh pertanian sebanyak 39 formasi. Namun dari formasi 157 itu, ternyata yang mendaftar sebanyak 129 orang. Kemudian dari 129 orang ini ternyata yang lulus persyaratan administrasi sebanyak 126 orang.

Kepala BKPSDM Buleleng, I Gede Wisnawa yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon Kamis (28/2) siang mengaku belum mengetahui jumlah peserta yang lulus maupun tidak lulus. Kelulusan akan disampaikan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). “Yang kami sampaikan itu baru nilai dari masing-masing peserta. Kalau kelulusan belum, kami di daerah masih menunggu saja,” katanya

Meski demikian, Wisnawa yang tengah dala perjalanan menuju Bandara Ngurah Rai, Tuban, tidak menampik dari nilai yang disampaikan oleh Panselnas, masing-masing peserta sudah dapat mengetahui peluangnya lulus atau tidak. Karena dari nilai itu dapat dihitung, jumlahnya apa berada di atas passing grade atau tidak. *k19

Komentar