nusabali

Tersedia 10 Terminal dan 21 Pos

  • www.nusabali.com-tersedia-10-terminal-dan-21-pos

Selama Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem tersedia 10 terminal dan 21 pos jaga untuk melayani membeludaknya pamedek.

Karya Agung di Pura Besakih

AMLAPURA, NusaBali
Pamedek diperkirakan membeludak pasca Puncak Karya Agung, Purnama Kadasa, Buda Wage Menail, Rabu (20/3) hingga Ida Bhatara Masineb, Soma Kliwon Wayang, Senin (15/4). Kapolsek Rendang Kompol I Nengah Merta bersama Camat Rendang I Wayan Mastra telah menggelar pertemuan membuat rekayasa lalulintas di Wantilan Pura Besakih, Rabu (27/2). Disebutkan, sebanyak 10 terminal yang tersedia, termasuk empat terminal milik pribadi. Enam terminal lainnya yakni Terminal Kedundung, Terminal VIP I, Terminal VIP II, Terminal VIP III, Terminal Pura Dalem Puri, Terminal Pura Manik Mas I, dan Terminal Pura Manik Mas II.

Disebutkan dari 10 terminal itu, hanya Terminal Kedundung dengan kapasitas 400 kendaraan, untuk kendaraan bus-bus besar dan kendaraan pribadi. Sedangkan 9 terminal lainnya untuk kendaraan pribadi dan roda empat. “Seluruh kendaraan wajib memasuki kawasan suci Pura Besakih, melalui satu jalur, dari arah selatan Desa Menanga, lanjut tembus ke Banjar Tegenan, dan masuk Desa Besakih,” terangnya.

Setiba di Terminal Kedundung, kendaraan diuraikan. Kendaraan bus wajib parkir di Terminal Kedundung, kendaraan pribadi, bisa melanjutkan perjalanan ke terminal yang lain. “Jalur meninggalkan Pura Besakih, untuk bus besar dari Terminal Kedundung kembali ke jalur semula ke selatan menuju Desa Menanga. Kendaraan pribadi, melalui dua jalur, ke timur lewat Banjar Batusesa dan ke barat Banjar Suukan,” katanya.

Sedangkan 21 pos yang telah dibangun, dijaga 66 petugas terbagi tiga shift. Tiap shift dijaga 3 petugas polisi, dibantu petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan, pecalang Desa Pakraman Besakih, relawan Pasebaya Agung, ORARI Karangasem, Linmas, dan Satgas TRC-IKB Wilayah 04 Rapi Karangasem. Kabag Sumda Polres Kompol I Ketut Suartika Adnyana mengatakan, penanganan lalulintas selama Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh sepenuhnya di bawah kendali Polsek Rendang. Terpisah, Camat Rendang, I Wayan Mastra, membenarkan, penanganan rekayasa lalulintas telah ditetapkan dengan menyediakan 10 terminal dan 21 pos. “Kami melakukan antisipasi membeludaknya pamedek, saat hari libur,” katanya. *k16

loading...

Komentar