nusabali

Revitalisasi Pasar Sasar Dua Pasar Desa

  • www.nusabali.com-revitalisasi-pasar-sasar-dua-pasar-desa

Usulan Pasar Julah Terlambat

SINGARAJA, NusaBali
Revitalisasi pasar desa kembali mendapat kucuran dana dari Pemerintah Pusat di tahun 2019. Kali ini ada dua pasar desa yang akan diperbaiki, yakni Pasar Desa Sawan, Kecamatan Sawan dan Pasar Desa Pangkungparuk, Kecamatan Seririt. Sedangkan keinginan warga Desa Julah, Kecamatan Tejakula agar mendapat dana revitalisasi pasar belum bisa dikabulkan.

Informasi dihimpun, sejatinya Pemkab Buleleng mengajukan usulan revitalisasi pasar ke Kementerian Perdagangan dan Perindustrian untuk 5 desa. Namun, usulan tersebut hanya disetujui untuk 2 desa dengan total dana sebesar Rp 3,7 miliar. Sumber pembiayaan berasal dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dagprin), Ketut Suparto yang dikonfirasi, Rabu (27/2) mengatakan, dalam pembangunan pasar desa tersebut, pihaknya sudah menyusun detail engeneering design (DED). Rinciannya, untuk Pasar Desa Sawan dialokasikan dana sebesar Rp 1,7 miliar, sedangkan di Pasar Desa Pangkungparuk Rp 2 miliar. “Usulannya memang 5, tetapi karena ada persoalan persyaratan dan pertimbangan lain di pusat, usulan kita hanya disetujui 2 pasar saja,” kata Suparto.

Disinggung keinginan warga Desa Julah agar mendapat dana revitalisasi pasar desa, Kadis Dagprin Suparto mengakui ada aspirasi dari warga Julah terkait keinginan agar pasar desa direvitalisasi. Namun, Suparjo mengungkapkan, aspirasi itu baru sebatas informasi yang dia terima. Karena itu, Suparjo mengaku sudah meminta pihak Desa Julah agar menyampaikan usulan secara resmi kepada Pemkab Buleleng. Sehingga usulan itu bisa ditindakalnjuti dengan mengajukan usulan ke pemerintah pusat. “Ini baru sebatas informasi, belum ada usulan masuk. Makanya saya sarankan diusulkan dulu. Kalau sekarang memang belum bisa diperbaiki, karena memang belum ada usulan yang masuk,” terangnya.

Sebelumnya, Pemkab Buleleng telah merevitalisasi 6 pasar di tahun 2018 dengan sumber pembiayaan dari DAK. Enam pasar yang direvitalisasi itu berada di Desa/Kecamatan Tejakula, Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Desa Bungkulan, Desa Giri Emas dan Desa Sudaji di Kecamatan Sawan, serta Pasar Desa/Kecamatan Busungbiu. *k19

Komentar