nusabali

Bupati Giri Prasta Resmikan Monumen I Katjong Seleman

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-resmikan-monumen-i-katjong-seleman

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta meresmikan Monumen Pahlawan Kemerdekaan Kopral Satu I Katjong Seleman dan kantor administrasi di Banjar Bersih, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Selasa (26/2) malam.

MANGUPURA, NusaBali

Kehadiran Bupati didampingi anggota DPRD Badung Ida Bagus Made Sunartha, Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya serta unsur Tripika Kecamatan Abiansemal, tokoh masyarakat I Bagus Alit Sucipta, Perbekel Darmasaba I Made Taram.

Kelian Adat Banjar Bersih I Nyoman Artawan didampingi Ketua Panitia I Putu Adi Suryasa, mengatakan pembangunan monumen pahlawan dan kantor administrasi ini atas bantuan hibah Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sebesar Rp 850 juta. “Pembangunan ini sudah berjalan sesuai rencana dan tepat waktu, sehingga dapat digunakan sesuai fungsinya untuk pelayanan kepada warga Banjar Bersih,” ucapnya.

Atas nama warga Banjar Bersih, dia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung khususnya Bupati Badung yang telah membantu pembangunan di Banjar Bersih. “Selain membantu pembangunan fisik, PKK kami juga mendapat bantuan Rp 99 juta, sekaa teruna Rp 200 juta, perbaikan gong Rp 338 juta lebih,” imbuhnya.

Bupati Giri Prasta, menceritakan bahwa I Katjong Seleman merupakan Punggawa dari Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Semangat dari pahlawan ini dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus untuk membangkitkan semangat patriotisme dan jiwa kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan. Bupati mengajak masyarakat dan generasi muda untuk bersatu membangun wilayah, karena disadari kemerdekaan bukan hadiah dari penjajah, kemerdekaan bangsa Indonesia berkat perjuangan hingga titik darah penghabisan para pahlawan nasional begitu juga dengan para kiai, alim ulama, dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Semangat pahlawan I Katjong Seleman ini dapat dijadikan contoh, kita sebagai anak bangsa untuk membela bangsanya sendiri. Semangat pahlawan ini harus kita pertahankan demi 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, NKRI, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika,” tegasnya.

Pada acara peresmian tersebut Bupati secara pribadi membantu PKK Rp 10 juta, sekaa teruna Rp 10 juta. I Bagus Alit Sucipta juga membantu sekaa gong sebesar Rp 5 juta. *

Komentar