nusabali

Camat Banjarangkan 'Menangkan' Kursi Asisten I

  • www.nusabali.com-camat-banjarangkan-menangkan-kursi-asisten-i

Tiga (3) camat yang ikut proses lelang (seleksi terbuka) memperebutkan 4 kursi jabatan Eselon II Pemkab Klungkung, dinyatakan lolos seleksi, yakni yakni Camat Dawan AA Gede Putra Wedana, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Mahajaya, dan Camat Banjarangkan IB Ketut Mas Ananda.

SEMARAPURA, NusaBali

Namun, dari ketiga camat ini, hanya IB Ketut Mas Ananda yang menempati peringkat teratas untuk kursi jabatan yang diincarnya, yaitu Asisten I (bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat) Setda Klungkung. IB Mas Ananda pun hampir dipastikan akan terpilih sebagai Asisten I.

Berdasarkan hasil seleksi yang diumumkan Timsel Jabatan Eselon II Pemkab Klungkung di Semarapura, Rabu (27/2), IB Mas Ananda menduduki peringkat teratas calon Asisten I dengan nilai 84,12. Sedangkan Camat Nusa Penida, IGA Gede Putra Mahajaya, harus puas menduduki peringkat kedua calon Asisten I dengan nilai 79,47. Putra Mahajaya mengatasi I Ketut Arie Gunawan, Sekretaris Bappeda Litbang Klungkung yang menempati peringkat tiga calon Asisten I dengan nilai 77,27.

Sebaliknya, Camat Dawan, AA Gede Putra Wedana, lolos seleksi Calon Asisten II (bidang admistrasi, perekonomian, pembangunan) Setda Klungkung setelah menempati petringkat kedua dengan nilai 78,54. Putra Wedana diungguli Luh Ketut Ari Citrawati, Kabag Pemerintahan Setda Klungkung yang menduduki peringkat teratas calon Asisten II dengan nilai 84,50. Peringkat tiga calon Asisten II ditempati IB Jumpung Gede Oka Wedhana (Sekretaris Dinas Koperindag Klungkung) dengan nilai 75,23.

Sedangkan untuk seleksi calon Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Klungkung, Dewa Putu Griawan menduduki peringkat teratas dengan nilai 84,88. Dewa Geriawan yang kini menjabat Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah mengungguli I Gusti Ngurah Made Suarba (Kabid Pelayaran Dinas Perhubungan/nilai 76,79) dan Ida Bagus Wirawan Adi Putra (Kabid Pengembangan SSDM dan Pembinaan pada Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM/nilai 75,14).

Sebaliknya, untuk seleksi calon Kadis PUPR & Kawasan Pemukiman Klungkung, peringkat teratas diduduki Anak Agung Gede Lesmana dengan nilai 83,28. Kabag Administrasi Pengadaan Barang dan Jasa Setda Klungkung ini mengatasi Nyoman Susanta (Sekretaris Dinas PUPRPK/nilai 76,3) dan I Gusti Gede Gunarta (Kabid Penataan Ruang pada Dinas PUPRKP/nilai 76,27).

Sekda Klungkung, Gede Putu Winastra, yang bertindak selaku Ketua Pansel Jabatan Eselon II, mengatakan nama-nama yang lolos 3 besar dalam seleksi ini sudah diumumkan secara online dan juga di papan penguman Kantor Bupati Klungkung, Selasa (26/2) sore. “Hasilnya ini akan kita serahkan kepada Bupati selaku PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian), karena beliau yang berhak memutuskan siapa yang akan dipilih dari 3 nama tersebut,” ujar Winastra kepada NusaBali di Semarapura, Rabu kemarin.

Menurut Winastra, hal ini diatur dalam Pasal 121 ayat (3) PP Nomor 11 Tahun 2017, yang mengamanatkan bahwa pada tahapan akhir seleksi, memilih 3 orang dengan nilai terbaik. Selanjutnya, nama-nama ini akan dimintakan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASB) di Jakarta.

Setelah rekomendasi dari KASN turun, kata Winastra, selanjutnya meminta persetujuan tertulis pengangakatan pejabat tersebut ke Kemendagri. “Ada yang berbeda dari tahun ini dalam seleksi yakni 10 persen penilaian diambil dari track record pejabat yang ikut seleksi,” tandas birokrat asal Kerambitan, Tabanan alumnus Fakultas Pertanian Unud angkatan 1982 ini.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, mengatakan pihaknya menyerahkan sepe-nuhnya proses pengisian 4 jabatan Eselon II yang lowong ini kepada Pansel yang diketuai Sekda Gede Putu Winastra. Bupati Suwirta mengaku belum melihat nama-nama yang lolos 3 besar di masing-masing kursi jabatan yang diperebutkan. Kendati demikian, Bupati Suwirta memastikan kandidat yang meraih peringkat pertama akan dipilih menjadi pejabat Eselon II. Itu artinya, Camat Banjarangkan, IB Mas Ananda, bakal terpilih menjadi Asisten I Setda Klungkung.

“Kita memilih yang terbaik sesuai hasil lelang di Pansel tersebut. Sejauh ini, saya belum lihat nama-namanya yang lolos 3 besar. Sebab, proses dari awal hingga selesai saya serahkan sepenuhnya kepada Pansel,” ujar Bupati Suwirta kepada NusaBali di Semarapura, Rabu kemarin. *wan

Komentar