nusabali

Berdayakan Kelompok Tani dan akan Bentuk Koperasi

  • www.nusabali.com-berdayakan-kelompok-tani-dan-akan-bentuk-koperasi

Bupati Suwirta Galakkan Budidaya Rumput Laut Nusa Penida

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, memimpin sosialisasi hasil kajian akademis budidaya rumput laut kepada kelompok tani di Wantilan Pura Penataran Ped, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Selasa (26/2). Kajian ini dilakukan untuk membangkitkan kembali produksi budidaya rumput laut sebagai penunjang ekonomi di Nusa Penida selain sektor pariwisata yang telah berkembang pesat saat ini.

"Kita tahu bahwa pariwisata merupakan sektor yang sangat menggiurkan saat ini, namun harus diingat sektor ini juga sangat sensitif dan bisa tiba-tiba anjlok oleh faktor lain, untuk itu saya ingin masyarakat Nusa Penida tetap melirik sektor lain, seperti budidaya rumput laut yang sempat jaya dulu di tahun 2000-an," ujarnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung serta para kelompok tani dari Desa Ped dan Batununggul. Langkah melakukan kajian merupakan instruksi Bupati Suwirta pada 2017 saat produksi rumput laut mangalami anjlok pada tahun 2016.

Dalam hasil kajian yang dilakukan pada tahun 2018 tersebut didapatkan hasil, tidak adanya pencemaran air laut akibat limbah hotel yang mempengaruhi budidaya rumput laut, rumput laut jenis Spinusum dan Katoni yang telah diuji cobakan di tiga lokasi berbeda, yakni Desa Suana, Batununggul dan Lembongan berhasil dengan baik, serta minat kelompok tani untuk kembali membudidayakan rumput laut juga tinggi, yakni 90%.

Mendapatkan hasil kajian tersebut Bupati Suwirta kembali menanyakan komitmen para kelompok tani untuk serius menggalakkan budidaya rumput laut. Para kelompok tani yang berasal dari Desa Ped dan Batu Nunggul ini pun menjawab siap.

Made Raja, salah seorang petani rumput laut mengaku siap kembali bertani, jika pemerintah membantunya menyediakan bibit, membantu permodalan hingga pemasaran serta mengatasi pencemaran akibat aktivitas boat yang tinggi.

Menurut Bupati Suwirta, di tengah pesatnya perkembangan pariwisata mestinya budidaya rumput laut juga turut berkembang. Karena perekonomian di Nusa Penida pasti juga akan meningkat.

Bupati Suwirta mengingatkan para petani agar tidak selalu menggantungkan diri dari bantuan pemerintah. Namun pemerintah akan selalu hadir memberikan bantuan dan pendampingan yang berfungsi sebagai pengawas. Sebelum dimulai pembibitan, Bupati Suwirta akan segera merancang sistem yang lebih baik dari hulu sampai hilir sehingga budidaya produksi rumput laut Nusa Penida bisa kembali ke masa jayanya.

Pemkab Klungkung bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali akan siap membantu menyiapkan bibit unggul serta membantu menyiapkan lahan untuk gudang penyimpanan. Pembeli rumput laut juga sudah disiapkan, kelompok tani akan bernaung dalam koperasi yang berbadan hukum, sehingga jika ada yang tidak serius akan berkonsekwensi pada hukum. Selanjutnya Bupati Suwirta perintahkan Perbekel Batununggul dan Ped untuk mendata berapa orang yang mau menjadi petani rumput laut. "Bantuan permodalan bukan menjadi masalah, namun yang paling utama adalah komitmen kuat para petani untuk menggalakkan kembali rumput laut Nusa Penida," ujar Bupati asal Nusa Ceningan ini.  *wan

Komentar