nusabali

Bule Bunuh Diri dengan Menghirup Gas Beracun

  • www.nusabali.com-bule-bunuh-diri-dengan-menghirup-gas-beracun

Seorang bule Jerman, Wolfgang Michael Anton, 23, ditemukan tewas bunuh diri di dalam kamar kos-kosan pacarnya di Jalan Gunung Lumut I Nomor 14 Padangsambian, Denpasar Barat, Sabtu (14/5) malam. 

DENPASAR, NusaBali 
Korban bunuh diri dengan sengaja menghirup gas beracun di temat tidur.
Korban Wolfgang Michael Anton, yang kantongi paspor nomor CH0793PCX, ditemukan tergeletak tak bernyawa di atas tempat tidur, Sabtru malam pukul 19.00 Wita. Mengenakan kaos warna hitam, celana pendek warna abu-abu, korban saat itu dalam posisi terlentang, dengan kedua tangan berada di atas dada, sementara mukanya ditutupi plastik warna putih. Ternyata, plastik itu terhubung dengan selang warna hijau dari tabung gas Nitrogen yang berada di samping tempat tidur korban.

Adalah pacar korban, Yura Takahashi, 23, yang pertama kali mengetahui kematian tragis Wolfgang Michael. Saat itu, perempuan berdarah Jepang kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan ini baru pulang ke kos dari tempat kerjanya di sebuah restoran kawasan Pantai Petitenget, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Badung. Saksi Yura Takahashi yang tinggal di kos tersebut bersama si bule Jerman pun kaget melihat pacarnya sudah terbujur kaku tak bernyawa.

Melihat peristiwa tersebut, perempuan kelahiran Makasar, 11 April 1994 ini langsung merobek plastik yang membungkus wajahnya pacarnya. "Saat plastik disobek, korban sudah meninggal. Tubuhnya pun sudah dingin," ungkap Kapolsek Denpasar Barat, Kompol Wisnu Wardana, Minggu (15/5).

Kematian tragis korban selanjutnya diinformasikan kepada salah satu kerabat si bule Jerman, yakni Camelia, 47, yang tinggal di Jalan Raya Tuban Gang Mawar, Nomor 1X Kuta, Badung. Selanjutnya, pihak keluarga melaporkan peristiwa maut tersebut ke pihak berwajib. 

Karena kejadiannya di kawasan Padangsambian, maka laporan kasus ini diteruskan ke Polsek Denpasar Barat. Begitu mendapat laporan, jajaran Polsek Denpasar Barat langsung terjun ke lokasi kejadian kos-kosan pacar korban untuk melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi-saksi.

"Berdasarkan hasil pemeriksaannya, tidak ditemukan adanya tanda-tanda bekas kekerasan di tubuh korban. Hanya saja, petugas menemukan tabung gas Nitrogen yang biasa digunakan untuk diving (menyelam). Gas Nitrogen tersebut tersambung ke dalam plastik yang digunakan untuk menutup semua wajah korban," beber Kapolsek Wisnu Wardana.

Dari lokasi TKP kos-kosan milik keluarga Luh Ela di Jalan Gunung Lumut I Nomor 14 Padangsambian, petugas kepolisian juga menemukan sepucuk surat yang ditulis tangan oleh korban sebelum bunuh diri. Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti berupa plastik dan tabung gas Nitrogen. Selama ini, tabung gas Nitrogen tersebut biasa digunakan untuk aktivitas diving. Maklum, korban Wolfgang Michael gemar diving dan selalu melakukannya setiapkali datang ke Bali untuk menjenguk sang pacar.

Malam itu juga, mayat korban Wolfgang Michael langsung dievakuasi ke Instalasi Jenazah RS Sanglah, Denpasar untuk pemeriksaaan lebih lanjut oleh tim medis guna mengetahui penyebab kematiannya. Hingga Minggu kemarin, belum diketahu pasti, apa penyebab kematian bule Jerman berusia 23 tahun ini.

“Namun, dugaan sementara, korban meninggal karena sengaja bunuh diri dengan menggunakan gas Nitrogen. Terkait motifnya, kemungkinan karena persoalan dalam hubungan asmara. Tapi, semua masih didalami,” jelas Kapolsek Wisnu Wardana.

Dugaan motif hubungan asmara yang melatarbelakangi aksi nekat bule Jerman ini tercermin dari surat tulis tangan yang ditujukan ke sang pacar, Yura Takahashi.  Surat itu berupa permintaan maaf yang ditulis menggunakan bahasa Inggris. Surat yang dibuat sebelum bunuh diri itu memaparkan kekesalan atas tingkah lakunya selama menjalin hubungan dengan kekasihnya. "Memang antara korban dan pacarnya sempat cekcok, hingga meminta putus hubungan. Tapi, akhirnya mereka baikan lagi," tandas Kapolsek Wisnu Wardana yang mantan Kasat Reskrim Polres Badung.

Sementara itu, dalam keterangannya kepada penyidik kepolisian, pacar korban yakni Yura Takahashi mengakui hubungannya selama ini dengan sang bule Jereman dalam keadaan baik-baik saja. Hanya saja, dia mengaku sempat terlibat cekcok dengan pacarnya dan itu diakuinya sebagai bumbu-bumbu dalam hubungan percintaan. 

Menurut Yura Takahashi, sebelum pacar bulenya ditemukan tewas bunuh diri dengan menghirup gas Nitrogen, dirinya berangkat kerja ke restoran di kawasan Pantai Petitenget, sejak pagi pukul 09.30 Wita. "Pacarnya ini mengaku berangkat kerja pukul 09.30 Wita dan baru pulang malam pukul 19.00 Wita. Saat pulang itulah dia melihat pacarnya sudah terbujur kaku,” jelas Kapolsek Wisnu Wardana. 7 da

Komentar