nusabali

Akhirnya, Marvel Sabet Oscar Pertama

  • www.nusabali.com-akhirnya-marvel-sabet-oscar-pertama

Raih tiga piala, buktikan film superhero dapat tempat di ajang Oscar

JAKARTA, NusaBali

Marvel Studios tampak percaya diri pada tahun ini. Pasalnya, film Black Panther yang rilis tahun lalu, meraup tujuh nominasi di Piala Oscar 2019, termasuk kategori Best Picture alias Film Terbaik.

Namun, begitu pengumuman pemenang seluruh kategori Piala Oscar 2019 disampaikan, Black Panther hanya memenangkan tiga piala. Kategori yang dimenangkan adalah Desain Kostum Terbaik, Skor Film Orisinal Terbaik, dan Desain Produksi Terbaik.

Black Panther pun mendobrak kepercayaan umum yang mengatakan bahwa film layar lebar populer, terutama yang bercerita tentang superhero tidak punya tempat di acara penghargaan tahunan bergengsi seperti Oscar.

Menariknya lagi, Black Panther sukses memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Costume Design untuk busana-busana luar biasa di film besutan Ryan Coogler tersebut yang didesain oleh Ruth Carter.

Peraihan Piala Oscar 2019 menjadi yang pertama kalinya bagi Marvel Studios. Sebelumnya, mereka memang sempat menjadi nomine Piala Oscar namun belum satu pun berhasil dimenangkan.

 Marvel juga menorehkan sejarah lain dengan kemenangan ini, karena Carter adalah wanita berkulit hitam pertama yang pernah meraih Oscar untuk kategori Costume Design.

"Marvel mungkin telah menciptakan superhero berkulit hitam pertama, namun melalui desain kostum, kami mengubahnya menjadi raja Afrika," ujar Carter dalam pidato kemenangannya usai menerima piala Oscar, dikutip vivanews dari Polygon, Senin (25/2).

"Ini telah menjadi kehormatan saya untuk menciptakan kostum-kostum. Terima kasih untuk Academy. Terima kasih telah memberikan penghargaan kepada kerajaan Afrika dengan cara yang akan memberikan kekuatan pada wanita untuk melihat dan memimpin di dalam film. Memakai vibranium untuk membuat kostum sangatlah mahal!" ucapnya menambahkan.

Black Panther kemudian memenangkan piala Oscar kedua mereka untuk kategori Best Production Design. Production Designer, Hannah Beachler dan Set Decorator, Jay Hart lah yang menerima penghargaannya. Beachler juga merupakan seniman berkulit hitam pertama yang memenangkan piala Oscar untuk kategori tersebut.

Tak berhenti di situ, Black Panther kembali meraih piala ketiga. Kali ini untuk kategori Best Score. Komposer Ludwig Goransson yang naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan.

Sebagai informasi, film Marvel lainnya seperti trilogi Iron Man, dua film Guardians of the Galaxy, The Avengers, Captain America: The Winter Soldier dan Doctor Strange semuanya pernah masuk ke dalam nominasi Oscar untuk kategori Best Visual Effects. Namun, tak ada yang berhasil membawa pulang piala. *

Komentar