nusabali

Awas Switch Play Thailand

  • www.nusabali.com-awas-switch-play-thailand

Para penggawa tim nasional Indonesia U-22 diminta pelatih mewaspadai pola serangan switch play yang kerap diperlihatkan Thailand dalam laga-laga sebelumnya.

PHNOM PENH, NusaBali
"Pelatih bilang kalau Thailand mainnya switch play, saya melihat sendiri juga kalau Thailand bermain seperti itu. Jadi itu yang harus diantisipasi," kata gelandang Muhamad Rafi Syarahil, usai latihan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Senin (25/2).

Switch play secara sederhana dapat diartikan sebagai pola serangan yang kerap memindahkan bola dari satu sisi ke sisi lainnya dalam waktu cepat untuk membongkar dan membuka celah pertahanan lawan.

Umpan lambung menyilang kerap menjadi tumpuan memindahkan posisi bola ke sisi lapangan yang berlawananan dalam situasi menyerang.

Biasanya untuk mengantisipasi pola demikian, tim yang sedang bertahan harus bisa melakukan kawalan ke setiap sisi lapangan demi menutup jalur umpan silang lambung dan memaksa pemain lawan melakukan umpan-umpan pendek.

Rafi mengaku, mulai derasnya dukungan kepada Timnas U-22 ketika ia dan rekan-rekannya berhasil mencapai partai final disikapinya bukan menjadi beban. "Malah jadi motivasi semangat, suporter kan mendukung kita," kata pemain kelahiran 15 November 2000 itu.  *ant

Komentar