nusabali

Diskop Jangan Nyongkokin Tain Kebo!

  • www.nusabali.com-diskop-jangan-nyongkokin-tain-kebo

Bupati Suwirta dan Tim GDN Sidak Program

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Tim Gerakan Disiplin Nasional (GDN) Kabupaten Klungkung melakukan sidak ke Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Klungkung, Senin (25/2). Sidak ini terkait informasi tentang tidak adanya usulan program/kegiatan prioritas nasional dari Disperinaker kepada Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung.

Padahal, menurut Bupati, dalam setiap pertemuan maupun bedah desa selalu menanyakan pemberdayaan ekonomi desa yang bisa dikembangkan. Nihilnya usulan tersebut menjadi catatan dan pertanyaan besar bagi Bupati Suwirta. Informasi kurang sedap didapat Bupati Suwirta saat melakukan sidak ke Disperinaker. Ternyata, data yang ditemukan di lapangan saat melakukan bedah desa maupun pertemuan lainnya terkait pemberdayaan ekonomi desa yang bisa dikembangkan tidak dimasukkan ke dalam usulan program/kegiatan prioritas nasional. Padahal pemberdayaan yang melibatkan masyarakat ini merupakan roh atau kekuatan dari program kerjanya lima tahun ke depan. “Ini menjadi catatan dan pertanyaan besar saya, kenapa sampai tidak ada usulan. Mau kerja apa tidak ini,” ujar Bupati Suwirta di hadapan para pejabat Disperinaker.

Jelasnya, kondisi ini juga akan berpengaruh terhadap penerapan e-tunjangan kinerja (e-Tukin). Mengingat jika tidak ada program yang diusulkan otomatis tidak ada program yang bisa dikerjakan. Menurut Bupati, temuan inilah yang mendasar dirinya mengajak Tim GDN untuk turun mengungkap fakta sebenarnya dan mengambil tindakan tegas terkait sanksi, mulai paling ringan hingga paling berat. “Termasuk sanksi menonjobkan kemungkinan bisa. Sekarang saya uji keberanian Tim GDN untuk mengungkap fakta sebenarnya,” tegasnya.

Di tempat terpisah terkait pemberdayaan, Bupati Suwirta juga melakukan sidak ke Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Diskop UKMP) Klungkung. Disini, Bupati mengumpulkan para pejabat mulai kepala dinas, kepala bidang hingga kepala seksi. Bupati mengingatkan agar selalu melakukan pembinaan dan pendampingan. Tidak hanya untuk UMKM atau koperasi yang sudah besar,  tetapi yang kecil-kecil juga perlu dituntun dan dikembangkan. Dinas jangan berjalan sendiri, lakukan pembinaan secara bersama-sama antara dinas-dinas terkait. “Jangan hanya usaha yang besar saja, itu sama seperti istilah nyongkokin tain kebo,” kata Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta juga menyatakan akan melakukan evaluasi jabatan terkait sejumlah jabatan yang kosong dan beberapa pegawai yang akan memasuki masa pensiun. *wan

Komentar