nusabali

Ayo Juara Lagi, Coach Indra !

  • www.nusabali.com-ayo-juara-lagi-coach-indra

Indra berharap timnya mampu fokus. Indra berharao laga final tak hanya sekadar partai final keduanya di kejuaraan AFF kelompok usia.

PHNOM PENH, NusaBali
Indra Sjafri untuk kedua kalinya membawa Timnas Indonesia ke final. Setelah Piala AFF U-19 pada 2013, kini di AFF U-22 pada 2019. Kini Indra pun menggenjot habis semangat pemainnya untuk meraih gelar juara. 

Timns U-22 melaju ke final Piala AFF U-22 setelah menang 1-0 atas Vietnam di semifinal. Gol Skuat Garuda muda dicetak Muhammad Luthfi Kamal. Ini sekaligus final pertama Indonesia pada Piala AFF U-22. 

Indonesia akan berjumpa Thailand pada laga pamungkas di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (26/2) malam WITA. Keberhasilan Indonesia ke final menjadi catatan bagus kedua Indra Sjafri di ajang Piala AFF kelompok umur. Sebelumnya, Indra berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 juara di Piala AFF pada 2013.

Gelar pada 2013 itu datang setelah Indonesia terakhir kali menjadi juara pada 1991 di SEA Games Manila. Momen Piala AFF U-19 2013 bahkan sampai meledak ke penjuru Indonesia.

"Mudah-mudahan tak hanya final, semoga ini juara kedua saya di (kelompok) usia yang berbeda," kata Indra usai memimpin latihan, Senin (25/2) pagi.

Indra juga berharap dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia. Dia berharap timnya bisa fokus. Indra menyatakan tak mau laga final hanya sekadar menjadi partai final keduanya di kejuaraan AFF kelompok usia.

Indra dalam beberapa kesempatan kerap menyebut dirinya telah merancang sebuah periodisasi penampilan bagi Timnas U-22 di Piala AFF U-22, dengan puncak permainan terbaik di partai final.

Periodisasi penampilan itu beriringan dengan target-target bertingkat yang dipatoknya untuk Garuda Muda, yakni lolos dari penyisihan grup, mencapai final dan kini menjadi juara. 

Indonesia memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan Thailand menyongsong partai final, yakni durasi pemulihan kebugaran pemain yang lebih panjang. Indonesia memainkan partai semifinal lebih awal serta hanya tampil 90 menit daripada Pasukan Gajah Putih yang harus berjibaku selama 120 menit.

"Tentu itu hal positif untuk kita. Kemarin saya melihat permainan mereka selama 120 menit, mudah-mudahan kita bisa antisipasi," kata Indra Syafri.

Sebelum Indonesia menghadapi Thailand di partai final pada Selasa (26/2) malam, tuan rumah Kamboja terlebih dulu bertemu Vietnam dalam laga perebutan tempat ketiga pada sore harinya. *ant

Komentar