nusabali

RSU Bangli Lamban Keluarkan Hasil Visum

  • www.nusabali.com-rsu-bangli-lamban-keluarkan-hasil-visum

Penyidik Polres Bangli keluhkan lambannya mendapatkan hasil visum et repertum di RSU Bangli. Padahal hasil visum penting untuk melakukan tindakan. Hasil visum baru keluar 10 hari, bahkan pernah menunggu sampai 1 bulan.

BANGLI, NusaBali
Lambannya hasil visum, imbasnya penanganan kasus juga terlambat. Sumber yang tidak mau disebutkan namanya ini mengatakan, di luar Bangli hasil visum keluar paling lama tiga hari.

Dijelaskan, visum et repertum merupakan salah satu alat bukti surat yang bisa digunakan dalam proses pembuktian perkara pidana. “Hasil visum et repertum dari dokter ahli mutlak dicantumkan dalam berkas perkara penganiyaan yang disidik oleh penyidik,” jelasnya, Minggu (24/2). Visum et repertum selalu diperlukan dalam setiap penyidikan tindak pidana seperti pencabulan dan penganiayaan.

Direktur RSUD Bangli,  I Wayan Sudiana, saat dikonfirmasi mengatakan hasil visum harus ditandatanggani oleh dokter forensik. Sementara untuk wilayah Bali Timur menggandeng RSUP Sanglah. “Kami akan segera komunikasikan dan juga mengecek apa penyebab keterlambatan keluarnya hasil visum,” ungkapnya. Sudiana mengaku siap mengantar hasil visum ke RSUP Sanglah. “Bila perlu, hasil visum langsung kami bawa ke RSUP Sanglah untuk ditandatangani oleh dokter ahli,” tandasnya. *es

loading...

Komentar