nusabali

Klungkung Jagokan Jegeg-Bagus Pelajar

  • www.nusabali.com-klungkung-jagokan-jegeg-bagus-pelajar

Jegeg-Bagus Klungkung siap bersaing dengan Jegeg-Bagus se Bali yang rata-rata berstatus mahasiswa. 

SEMARAPURA, NusaBali
Grand final pemilihan duta wisata Jegeg-Bagus Klungkung 2016 digelar di Balai Budaya Klungkung, Sabtu (15/5) sekitar pukul 19.00 Wita. Dari 10 pasang finalis, diciutkan hingga 3 besar. Setelah dewan juri mengumumkan hasil penilaian, juara pertama diraih Dewa Ayu Agung Mas Berliana Rahita, siswi kelas II SMAN 1 Semarapura, Klungkung dan I Komang Gede Dharma Putra, siswa kelas II SMAN 2 Semarapura.

Pemilihan Jegeg-Bagus kali ini diikuti 69 peserta, terdiri dari 39 jegeg dan 30 bagus. Dari seleksi 26 - 27 Maret, diciutkan menjadi 20 peserta atau 10 pasang. Masa pra karantina digelar setiap Sabtu dan Minggu. Sebelum maju ke grand final mereka menjalani masa karantina 9 - 12 Mei. Tiga kriteria penilaian saat grand final yakni wawasan dan ilmu pengetahuan, visual penampilan dan interaksi sosial dengan masyarakat.

Kadisbudpar Klungkung I Wayan Sujana mengatakan pasangan Jegeg-Bagus ini akan digembleng untuk maju sebagai duta Klungkung dalam pemilihan Jegeg -Bagus Provinsi Bali 2016. Meskipun berstatus pelajar, dia optimis Jegeg-Bagus Klungkung ini mampu bersaing dengan Jegeg-Bagus se Bali yang rata-rata berstatus mahasiswa perguruan tinggi di Bali. ‘’Dari pengalaman yang kami tahu, pelajar juga masih potensial memenangkan Jegeg-Bagus Bali nanti,’’ ujarnya. 

Wakil Bupati Klungkung Made Kasta mengharapkan, Jegeg-Bagus ini dapat  menjadi duta wisata Klungkung yang handal. Selain itu, mampu menjadi mitra pemerintah dalam menyebarluaskan segala program pembangunan di Pemkab Klungkung, khususnya bidang kepariwisataan. “Kegiatan ini juga sejalan dengan brandingnya Kabupaten Klungkung yaitu Gema Santi (gerakan masyarakat santun dan inovatif),” ujarnya.

Kata dia, mereka juga agar mampu menunjukkan jati dirinya sebagai anak muda yang memiliki ilmu pengetahuan, kecerdasan dan keterampilan serta memiliki  kreativitas dan semangat untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik. 7 w

Komentar