nusabali

Balawan Lelang Gitar, Nanoe Biroe Lelang Sepatu

  • www.nusabali.com-balawan-lelang-gitar-nanoe-biroe-lelang-sepatu

Dua artis asal Bali Balawan dan Nanoe Biroe ikut memarakkan malam seni dan budaya Bali untuk pengalian dana pembangunan sarana dan prasarana Pura Kertajaya, Tangerang, Banten, Sabtu malam (14/5).

TANGERANG, NusaBali
Keduanya tak hanya menyumbang lagu dari album mereka tetapi juga turut menyumbang dana melalui lelang dua benda kesayangan yakni dari Balawan gitar dan CD, sementara dari Nanoe Biroe sepatu.
 
Pelelangan berjalan alot, karena penonton yang hadir  saling melakukan tawar menawar paling tinggi. Pertama yang dilelang adalah gitar Balawan bermerek Rick Hanes. Gitar tersebut merupakan buatan Indonesia yang telah mendunia. Gitar itu, kerap Balawan pakai.
 
“Gitar ini sudah lima tahun  saya miliki. Gitar saya bawa tour ke berbagai tempat, termasuk Eropa,” ujar Balawan kepada NusaBali disela-sela acara, Sabtu malam (14/5).
 
Harga lelang dibuka Rp. 10 juta. Penonton yang memadati lokasi langsung melakukan penawaran demi penawaran yang berakhir pada harga Rp. 12, 5 juta.
 
Balawan tak masalah dengan harga itu, ia juga tidak sedih berpisah dengan gitar yang telah lima tahun menemaninya demi bisa mengumpulkan dana untuk pembangunan di Pura Kertajaya, Tangerang. Ia segera menyerahkan gitar kepada pemenang lelang, tak lupa mengajari teknik permainan khasnya, touch tapping style.
 
Setelah gitar, Balawan kembali melelang CD lagunya, plus CD Anggis Devaki. Dua CD tersebut dibuka dengan harga Rp. 100 ribu. Lagi-lagi banyak peminat melakukan penawaran. Ada Rp. 200 ribu, 500 ribu hingga Rp. 1 juta.  Semua tawaran diterima, lantaran mereka membawa banyak CD.
 
Balawan mengatakan, sejak dahulu ia memang tertarik dengan kegiatan sosial seperti penggalangan dana pembangunan sarana dan prasarana Pura. “Mungkin karena musik saya terlalu idealis jadi jarang diundang,” imbuh Balawan.
 
Berbeda dengan penyanyi Bali lainnya, Nanoe Biroe justru sering berpartisipasi dalam penggalangan dana Pura Kertajaya. Pertama ia mengisi acara di tahun 2011 lalu, kemudian pada 2103. Bahkan di tahun 2013, Nanoe Biroe spontan duet dengan jebolan X Factor, Gede Bagus yang saat itu hadir sebagai penonton.
 
“Tahun ini merupakan ketiga kali saya mengisi penggalangan dana di Pura Kertajaya. Ini membuat saya terinspirasi membuat lagu untuk album saya berikutnya,” jelas Nanoe Biroe.
 
Sebelum acara ditutup, Nanoe Biroe melelang sepatunya. “Sepatu ini sangat bersejarah bagi saya, karena sering saya bawa keliling,” imbuhnya.
 
Sepatu laku dengan harga Rp. 1,1 juta. Ketua Panitia malam seni dan budaya Bali Made Sulandra mengatakan, seluruh penghasilan yang didapat disumbangkan untuk pembangunan sarana dan prasarana Pura Kertajaya, Tangerang. k22

Komentar