nusabali

Ruangan Kelas SMPN 3 Dawan Rusak

  • www.nusabali.com-ruangan-kelas-smpn-3-dawan-rusak

Sebuah ruangan kelas IX di SMPN 3 Dawan, Kecamatan Dawan, Klungkung, rusak.

SEMARAPURA, NusaBali

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti plafon jatuh saat jam pelajaran, kelas dengan 32 anak digeser belajar ke Laboratorium IPA sekolah sejak sebulan lalu.

Kerusakan ruangan kelas tersebut selain karena sudah termakan usia, juga karena guncangan gempa yang berpusat di Lombok, beberapa waktu lalu. Kini ruangan hanya tampak beberapa bangku dan kursi. Pada bagian plafon luar kelas sudah jebol dan kerangka atap sudah rapuh.

Kepala SMPN 3 Dawan Nyoman Sudarma mengatakan bangunan yang rusak itu merupakan ruangan belajar siswa kelas IX, yang terdiri dari dua ruang kelas (bangunan disekat,Red). Namun ruangan yang plafonnya jebol hanya di sisi timurnya saja. ‘’Sehingga hanya satu kelas saja digeser belajarnya ke di Laboratorium IPA,” ujarnya, Jumat (22/2).

Sedangkan ruangan kelas IX di sebelahnya, siswa masih tetap bertahan karena dari pengamatannya ruangan tersebut masih aman untuk dipakai proses belajar-mengajar. Sudarma menceritakan bangunan yang rusak tersebut usianya memang sudah tua, dibangun tahun 1994. “Ruangan kelas itu sudah direhab sekitar 8 - 10 tahun lalu,” ujarnya.

Namun belakangan ini kondisinya rusak, ditambah dengan gempa berkali-kali yang berpusat di Lombok. Dari Dinas Pendidikan (Disdik) Klungkungt sudah mengecek kondisi kelas tersebut, dan akan memperbaiki tahun 2019 ini. “Untuk proses belajar mengajar selama ini berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan mengakui, SMPN 3 Dawan masuk skala prioritas perbaikan dan detailnya akan dibahas Senin (24/2). *wan

Komentar