nusabali

39 SMP di Denpasar Siap UNBK

  • www.nusabali.com-39-smp-di-denpasar-siap-unbk

Sebanyak 39 SMP Negeri dan Swasta di Kota Denpasar akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari 75 SMP yang ada di Kota Denpasar.

DENPASAR, NusaBali
Jumlah tersebut sudah memenuhi persyaratan komputer dari seperempat jumlah siswa yang yang dimiliki setiap sekolah. Sementara 36 SMP lainnya masih tetap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kadisdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan saat dikonfirmasi, Jumat (22/2) mengungkapkan, saat ini yang mengikuti UNBK meningkat dari tahun sebelumnya. Kata Gunawan, saat ini yang melaksanakan UNBK tidak harus memiliki sistem komputer, namun juga bisa menggunakan laptop sebagai tambahan fasilitas untuk melengkapi kekurangan setiap sekolah agar bisa melaksanakan UNBK.

Dikatakannya, saat ini ada sebanyak 6. 232 siswa yang mengikuti UNBK. "Saat ini cukup banyak sekolah yang bisa mengikuti UNBK. Sebab sudah bisa menggunakan laptop jika sekolah tersebut mengalami kekurangan komputer. Namun laptop harus diberikan perangkat untuk login ke soal ujian. Dan syukurnya sampai saat ini sudah berjalan lancar, baik itu dari uji coba maupun pemantapan bagi siswa yang akan mengikuti ujian," jelas Gunawan.

Menurut Gunawan, uji coba sudah sering dilakukan. Hal itu dilakukan untuk membiasakan siswa kedepannya saat menghadapi ujian. Sebab, untuk menggunakan komputer saat UNBK perlu mental bagi sisiwa agar tidak down saat menghadapi soal ujian. "Kami terus lakukan ujicoba untuk membiasakan siswa. Namun kali ini belum semua sekolah yang bisa kami terapkan UNBK," ungkapnya.

Sebenarnya lanjut dia, semua sekolah sudah bisa melaksanakan UNBK dengan persyaratan fasilitas. Yang menjadi permasalahan yakni kesiapan mereka dalam pelaksanaannya. Persiapan yang paling mendasar saat ini yakni kesiapan siswanya dalam mengikuti UNBK. Sebab untuk bisa mengikuti ujian tersebut butuh kesiapan yang cukup matang dan perlu waktu lama untuk menyiapkan mental siswanya. "Jika dibilang kesiapan dari segi peralatan semua bisa melaksanakan tapi untuk sekarang kira perlu menyiapkan siswa itu sendiri," imbuhnya.

Gunawan mengungkapkan, untuk siswa yang mengikuti UNKP sebanyak 6.904. Jumlah tersebut keseluruhan dari 36 sekolah swasta. Untuk sekolah negeri yang belum bisa melaksanakan UNBK sebanyak 4 sekolah yakni yakni SMPN 5 Denpasar, SMPN 8 Desember, SMPN 9 Denpasar, dan SMPN 12 Denpasar. *mi

Komentar