nusabali

Pedawa dan Tigawasa Jadi Percontohan

  • www.nusabali.com-pedawa-dan-tigawasa-jadi-percontohan

Sektor pariwisata dan pertanian yang ada di Pedawa bakal dipadukan sedemikian rupa sehingga dapat saling mendukung.

Entaskan Kemiskinan Melalui Sektor Pertanian


SINGARAJA, NusaBali
Dua desa bertetangga, Desa Pedawa dan Tigawasa, Kecamatan Banjar, mulai dilirik sebagai desa percontohan pengentasan kemiskinan melalui program pertanian. Nantinya sektor pertanian itu akan mendukung potensi pariwisata alam yang dimiliki kedua desa tersebut.   Hal itu disampaikan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana saat bertatap muka dengan Krama Subak Abian, Bhuana Sari, Desa Pedawa, Jumat (22/2).

Agus Suradnyana menjelaskan, Desa Pedawa memiliki potensi pertanian yang sangat luar biasa. Selain itu, Pedawa juga memiliki topografi alam yang indah sebagai potensi wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan. Bila kedua potensi ini bisa secara bersama-sama dikembangkan, Bupati nyakin mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pedawa.

“Saya mendapat inspirasi pengentasan kemiskinan di Desa Pedawa ini. Tahun ini saya mencoba untuk memilih dua desa, yaitu Desa Pedawa dan Tigawasa untuk kita jadikan contoh pengentasan kemiskinan secara mendasar,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, sektor pariwisata dan pertanian yang ada di Pedawa harus dipadukan sedemikian rupa sehingga dapat saling mendukung. Dia juga ingin community base tourism dapat dikembangkan di Pedawa. Dalam hal ini masyarakat diharapkan mampu menjadi pelaku pariwisata di desanya, baik dengan memanfaatkan rumah-rumah penduduk sebagai penginapan, maupun memanfaatkan lahan pertanian sebagai pendukung suasana alamnya. “Sehingga kalau kita berbicara tentang pengentasan kemiskinan, kita bisa ambil dari pertaniannya jangka panjang, dan kita bisa ambil dari pariwisatanya jangka pendek,” paparnya.

Selain melalui program jangka panjang, untuk mengurangi angka kemiskinan di Pedawa, mantan anggota DPRD Bali ini juga akan melakukan bedah rumah secara menyeluruh. Menurutnya, dari data yang diperoleh sedikitnya ada sekitar 130 rumah yang belum tersentuh bedah rumah. Oleh sebab itu, dia berjanji akan mencarikan bantuan ke Bupati Badung untuk membantu bedah rumah di Desa Pedawa secara keseluruhan. “Saya punya rencana seluruhnya akan kita berikan, sebanyak 130 unit. Tahun ini akan kita tuntaskan. Sebanyak 130 unit seluruhnya akan kita selesaikan,” kata Bupati.

Terkait dengan persoalan pertanian, Bupati Agus Suradnyana berjanji akan memberikan jalan keluar atas permasalahan tersebut secara detil dan konkrit. Saat ini dirinya tengah menyusun rumusan pengembangan pertanian aecara menyeluruh, termasuk mengatasi masalah yang yang dihadapi oleh para petani.

Bupati yang memiliki hobi masak ini lanjut menerangkan, perhatian yang diberikan kepada Desa Pedawa dan Tigawasa ini sebagai wujud kebanggaannya kepada warga di dua desa itu. Menurutnya, masyarakat di dua desa itu telah mampu mengubah pola prilakunya, sehingga mampu mengubah image kedua desa itu menjadi desa yang bersih, damai, dan memiliki semangat dalam membangun desa. *k19

Komentar