nusabali

Sektor Perdagangan dan Pariwisata Penyerap Naker

  • www.nusabali.com-sektor-perdagangan-dan-pariwisata-penyerap-naker

Sektor perdagangan hotel dan restoran (PHR) yang terkait langsung dengan industri pariwisata menjadi penyumbang terbesar  penyerapan tenaga kerja di Bali.

DENPASAR, NusaBali

Indikasi tersebut mengacu data dari Bank Indonesia Kantor Wilayah Perwakilan Provinsi Bali (Kanwil BI Provinsi Bali) dalam Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR). Dimana per Agustus 2018, sektor PHR menyerap 821 ribu tenaga kerja atau 33,2 persen.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding Agustus 2017, sebanyak 781 ribu orang atau 32,8 persen dari total penduduk yang bekerja di Bali. Selanjutnya sektor pertanian dengan 501 ribu (20,3 persen) per Agustus 2018, berada di posisi sebagai sektor yang memberi sumbangan penyerapan tenaga kerja terbanyak.

Penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian juga mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, Agustus 2017 yakni 466 ribu (19,6 persen). Sedang sektor atau lapangan usaha kemasyarakatan pada posisi ketiga dengan serapan 426 ribu orang tenaga kerja (17,2 persen), meningkat dari Agustus 2017 sebanyak 398 ribu orang (16,7 persen).

Bank Indonesia mencatat jumlah angkatan kerja yang bekerja pada Agustus 2018 sebanyak 2,49 juta orang atau naik 3,86 persen dari tahun sebelumnya. Sedang tidak pengangguran terbuka (TPT) per Agustus 1,37 persen lebih rendah dibanding Agustus 2017, sebesar 1,48 persen. Artinya dari 100 orang angkatan kerja, sekitar 1 orang diantaranya tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali Ida Bagus Ngurah Arda menyatakan upaya penyerapan tenaga kerja yang lebih besar di sektor atau lapangan usaha di luar PHR, tentu terus dilakukan. “Diantaranya mempertemukan calon tenaga kerja dan perusahan yang membutuhkan lewat program job fair,” jelasnya, Kamis (21/2).

Tahun 2019 ini, lanjut Gus Arda-sapaan Ida Bagus Ngurah Arda, job fair akan dilaksanakan pada September depan. Program job fair ini, diharapkan mendorong lebih banyak terserapnya tenaga kerja di semua sektor, untuk semakin mememperkecil angka pengangguran.

Lanjut Gus Arda, selain job fair, Disnaker menyediakan fasilitas bursa kerja online, dengan alamat bursakerja.baliprov.go.id. Juga update lowongan terbaru melalui instagram dinaskeresdmbali. “Fasilitas online ini rutin diupade,” jelas pengganti Luh Made Wiratmi-Kadisnaker dan ESDM sebelumnya. *k17

Komentar