nusabali

Dukcapil Tabanan Pertama di Indonesia Tuntas Cetak Data KTP Elektronik

  • www.nusabali.com-dukcapil-tabanan-pertama-di-indonesia-tuntas-cetak-data-ktp-elektronik

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabanan memecahkan rekor nasional atas penuntasan cetak KTP elektronik.

TABANAN, NusaBali
Sebelumnya ada sekitar 1.800 KTP elektronik yang siap cetak atau dinamakan print ready record (PRR) belum bisa dicetak karena keterbatasan blanko dan belum valid. Kini data tersebut telah tuntas dikebut hingga Kamis (21/2) dini hari.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana, menjelaskan sebelumnya sekitar 1.800-an data KTP elektronik belum bisa dicetak karena keterbatasan blanko dan belum valid. Meskipun sudah dilakukan pencetakan setiap hari namun belum tuntas karena saking banyaknya dan terjadi penambahan data.

Di samping itu pula per 28 Februari sesuai arahan pusat bahwa KTP elektronik yang statusnya masih surat keterangan harus dituntaskan. “Berdasarkan itulah kami kebut sejak Rabu (20/2) hingga Kamis subuh dari 1.800 yang belum direkam kini telah tuntas,” kata Rai Dwipayana, Kamis (21/2).

Dikatakan untuk menuntaskan pencetakan data KTP elektronik, dia melibatkan 15 staf untuk lembur hingga pukul 02.56 Wita. Dengan pencapaian itu Disdukcapil Tabanan telah memecahkan rekor nasional sebagai kabupaten pertama di Indonesia yang menuntaskan pencetakan KTP elektronik yang sebelumnya banyak belum bisa dicetak. “Pencapaian ini kami sudah laporkan ke pusat,” imbuhnya.

Dengan sudah dicetaknya seluruh data masyarakat tersebut, maka KTP  yang sudah dicetak akan diserahkan ke masing-masing kecamatan untuk dibagikan ke desa.

Menurut Rai Dwipayana, selama proses pencetakan seluruh sarana prasarana saat lembur tidak ada yang bermasalah. “Saya pribadi berterima kasih kepada seluruh staf yang telah bekerja keras menuntaskan data PRR sehingga Tabanan menjadi pertama di Indonesia yang menuntaskan data PRR,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Tabanan I Made Dirga sangat mengapresiasi atas pencapaian Disdukcapil Tabanan khususnya di bidang pelayanan masyarakat. Apalagi Disdukcapil telah meluncurkan banyak program pelayanan yang memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. “Luar biasa. Kami sangat berterimakasih kepada staf dan kadis atas pencapaiannya. Mudah-mudahan Disdukcapil Tabanan terus mendapat perhatian,” ucapnya. *de

Komentar