nusabali

Bupati Suwirta Harap Desa Terbuka Kelola Keuangan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-harap-desa-terbuka-kelola-keuangan

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan pemerintah desa agar terbuka dalam mengelola keuangan.

SEMARAPURA, NusaBali

Hal itu ditegaskan saat menghadiri acara penandatanganan kerjasama antara Kejaksaan Negeri Klungkung (Kejari) dengan Inspektorat Daerah dan pemerintah desa se-Kabupaten Klungkung, di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Selasa (19/2).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Kejaksanaan Negeri Klungkung Otto Sompotan, OPD, para perbekel se-Kabupaten Klungkung. Perjanjian ini tentang penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum dan pelayanan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berharap melalui kerjasama ini pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) di setiap desa harus menjadi prioritas. Karena kualitas SDM yang baik itu akan mengasilkan output yang lebih baik tentu sesuai dengan tujuan dari pembangunan itu. "Masing-masing desa harus melakukan evaluasi terhadap kinerja bawahannya," ujarnya.

Bupati mengaku, setiap hasil pemeriksaan Inspektorat dan BPK dibacanya satu-persatu. Ketelitian ini agar pekerjaan sesuai aturan dan tidak akan ada masalah. "Jangan takut menggunakan dana desa. Tinggal sekarang bagaimana seluruh kepala desa berani melangkah di tengah ketatnya regulasi yang ada kadang-kadang membuat kita ragu mengambil keputusan," ujar Bupati Suwirta

Kepala Kejari Klungkung Otto Sompotan mengatakan, kejaksaan sebagai penegak hukum berperan mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Pihaknya siap memberikan pengawalan, pendampingan dan pengamanan baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan di Kabupaten Klungkung. "Konsultasi ke Kejaksaan Negeri Klungkung  tidak dipungut biaya, kami dengan senang hati melayani sesuai dengan kemampuan kami," ujarnya.

Oleh karena itu, laksanakan fungsi pemerintahan yang baik dari manajemen, sistem pengawasannya sistem manajemen aparaturnya memang perlu diadakan kerjasama karena saling berkaitan dan saling mengingatkan khususnya dalam pelaksanaan fungsi inspektorat. "Berikan kami informasi secara keseluruhan jangan ada yang ditutup-tutupi karena saya percaya pelaksanaan kerjasama ini bisa sukses " ujar Otto Sompotau.*wan

Komentar