nusabali

Jimmy Sidharta Tempati Posisi Kadis PUPR

  • www.nusabali.com-jimmy-sidharta-tempati-posisi-kadis-pupr

Lelang Jabatan Tunggu Rekomendasi KASN

DENPASAR, NusaBali

Satu posisi dari 9 jabatan Eselon IIb di lingkup Pemkot Denpasar yang lowong terisi dengan sistem rotasi. Jabatan tersebut yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ditempati oleh I Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta yang merupakan asisten II Setda Kota Denpasar sekaligus Plt Kadis PUPR. Sementara sisa jabatan lainnya akan dilakukan lelang jabatan.

Jimmy Sidharta, kemarin, dilantik oleh Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, bersamaan dengan mutasi 22 pejabat kelurahan dan kaur desa, di Gedung Praja Utama, Pemkot Denpasar, Selasa (19/2). Setelah satu jabatan terisi, panitia seleksi (Pansel) kembali akan melakukan lelang jabatan sebanyak 9 jabatan ditambah Asisten II Setda Kota Denpasar yang saat ini masih dikosongkan.

Sekda Kota Denpasar yang sekaligus sebagai ketua tim Pansel AA Ngurah Rai Iswara mengatakan, pihaknya baru bisa melakukan rotasi jabatan karena sudah ada rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Namun, kali ini hanya ada satu yang dilakukan rotasi karena memerlukan gerak cepat pembangunan yakni Dinas PUPR yang juga memang kebutuhan dari organisasi.

Untuk jabatan lainnya, Rai Iswara mengaku akan melakukan lelang jabatan agar bisa melakukan kaderisasi pada pejabat yang ingin menempati posisi lowong saat ini. "Kami melakukan rotasi pada satu jabatan. Jabatan Kadis PUPR yang merupakan posisi paling diperlukan oleh organisasi agar pergerakan pembangunan gerak cepat, jadi Jimmy diberikan kepercayaan oleh walikota karena memang Plt sekaligus Asisten II yang membawahi PUPR," jelasnya.

Dikatakannya, lelang jabatan tersebut nantinya bisa diikuti oleh seluruh ASN di Bali yang ingin bersaing memperebutkan 9 jabatan yang lowong. Untuk lelang jabatan, pihaknya mengaku masih mengajukan setelah pelantikan pejabat yang dirotasi saat ini. Setelah itu, pihaknya kembali masih menunggu rekomendasi jadwal dari KASN. Jika rekomendasi turun, pihaknya langsung melakukan pembukaan pendaftaran, yang akan dilanjutkan dengan tes wawancara.

Rai Iswara mengaku, pihak pansel yang berjumlah 9 orang akan mengutamakan transparansi terhadap seleksi yang dilakukan. "Kita masih menunggu rekomendasi lagi. Setelah itu baru kita open biding. Siapapun ASN bisa mendaftar baik dari ASN Pemkot Denpasar sendiri maupun kabupaten penunjang lainnya. Kami tetap terbuka sesuai aturan dan tentu mengutamakan transparansi," ujarnya.

Sementara ditemui seusai pelantikan, Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, pihaknya tidak melakukan rotasi jabatan sebanyak posisi yang lowong saat ini, sebab ada proses dan persyaratan yang harus dijalankan. Saat ini pejabat di lingkup Pemkot Denpasar harus menjabat minimal dua tahu dan berkompeten dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, pejabat juga memang memiliki dasar pendidikan yang sesuai dengan posisi yang ditempati. Hal itu dikatakan berpengaruh pada sistem kinerja pejabat. "Iya karena kami juga ingin membenahi sistem. Ini hanya satu yang kita lihat memenuhi syarat. Untuk yang lainnya kita berikan kesempatan dan memberikan peluang karir bagi pegawai lainnya yang sesuai dengan kinerja," jelas Rai Mantra.

Sementara Jimmy Sidharta setelah dilantik mengaku akan bekerja sesuai dengan yang sudah dilakukan sebelumnya. Dengan pengalamannya menjadi pelaksana tugas (Plt) hal itu menjadi acuan kedepannya untuk bekerja lebih baik lagi. "Iya karena ditunjuk saya akan melanjutkan pekerjaan yang sebelumnya. Dan berusaha untuk meningkatkan kinerja sesuai dengan arahan pak Walikota," ujarnya. *mi

Komentar