nusabali

Tiga Camat di Klungkung Ikut Bertarung

  • www.nusabali.com-tiga-camat-di-klungkung-ikut-bertarung

Pemkab Klungkung Lelang 4 Kursi Jabatan Eselon II

SEMARAPURA, NusaBali

Sebanyak 20 pejabat Eselon III ikut berebut 4 kursi jabatan Eselon II Pemkab Klungkung melalui proses lelang (selekesi terbuka) yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel). Tiga (3) di antaraa 20 pejabat tersebut saat ini menajabat sebagai camat, yakni Camat Dawan AA Gede Putra Wedana, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Mahajaya, dan Camat Banjarangkan IB Mas Ananda.

Ada pun 4 kursi jabatan Eselon II Pemkab Klungkung yang diperebutkan melalui proses lelalng, masing-masing Asisten I (Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat) Setda Klungkung, Asisten II (Administrasi Perekonomian dan Pembangunan) Setda Klungkung, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Keuangan dan Pendapatan Klungkung, serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Kawasan Pemukiman Klungkung (PUPRPK) Klungkung.

Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Mahajaya dan Camat Banjarangkan, IB Mas Ananda, bertarung memperebutkan kursi Asisten I Setda Klungkung. Mereka bersaing dengan 5 kandidat lainnya, masing-masing Wayan Jaya Putra (dari Dinas Kesehatan Klungkung), Dewa Komang Aswin (Sekretaris Kesbangpol Klungkung), I Ketut Arie Gunawan (Sekretaris Bappeda Litbang Klungkung), I Nyoman Sarjana (salah satu Kabid dari Bappeda Litbang), dan I Dewa Made Sutarta (Sekretaris Dinas Perhubungan).

Sedangkan Camat Dawan, AA Gede Putra Wedana, incar posisi Asisten II Setda Klungkung. Putra Wedana akan bertarung dengan 6 kandidat lainnya, yakni Luh Ketut Ari Citrawati (Kabag Pemerintahan Setda Klungkung), IB Jumpung Gede Oka Wedhana (Sekretaris Dinas Koperindag Klungkung), I Wayan Sumatra (Kabid Produksi Pertanian Dinas Pertanian Klungkung), Cok Raka Sudarsana (Kabid dari Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah Klungkung), dan I Wayan Mustika (Kabid dari Dinas Koperindag Klungkung).

Sementara 7 kandidat lagi bertarung memperebutkan 2 kursi jabatan Eselon II Klungkung lainnya. Untuk posisi Kadis PUPRKP Klungkung, diperebutkan 3 kandidat yakni I Nyoman Susanta (kini menjabat Sekretaris Dinas PUPRKP Klungkung), AA Gede Lesmana (salah satu Kabag Setda Klungkung), dan I Gusti Gede Gunarta (Kabid dari Dinas PUPRKP Klungkung).

Sebaliknya, kursi Kabag Pengelolaan Keuangan     dan Pendapatan Daerah Klungkung diperebutkan 4 kanditat. Mereka masing-masing Dewa Putu Griawan (kini Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah), IGN Made Suarba (    Kabid Pelayaran Dinas Perhubungan Klungkung), IB Wirawan Adi Putra (Kabid dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Klungkung), dan Dewa Nyoman Santika (Kabid dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Klungkung).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Klungkung, Komang Susana, mengatakan dari 43 pegawai yang bisa mengikuti seleksi Eselon II, hanya 20 orang yang mendaftar. "Hingga pendaftaran ditutup, 18 Februari 2019 siang pukul 14.30 Wita, hanya 20 orang yang melamar untuk memperebutkan 4 kursi jabatan Eselon II,” ungkap Komang Susana kepada NusaBali di Semarapura, Selasa (19/2) siang.

Disebutkan, pendaftaran dibuka selama hampir sebulan, sejak 28 Januari 2019 hingga 18 Februari 2019. Sebagian pelamar pilih mendaftar di di hari-hari terakhir. Posisi Asisten I Setda paling diminati, karena strategis membidangi pemerintahan dan kesra. "Mungkin karena kualifikasi pendidikan yang melamar sesuai dengan posisi tersebut," ungkap Kabid Data Pengadaan dan Promosi Badan Kepedawaian Daerah dan Pengembengan SDM Klungkung, Ni Made Sulistiawati,

Para kandidat nantinya akan diseleksi melalui berbagai tahapan oleh Pansel yang diketuai langsung Sekda Klungkung, Gede Putu Winastra. Tahapan meliputi seleksi administrasi, rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas. “Panitia Seleksi akan melakukan tes kompetensi manajerial dan kompetensi teknis terhadap peserta yang memenuhi persyaratan administrasi, 21-22 Februari 2019,” ujar Komang Susana.

Nantinya, hasil seleksi terakhir akan diumumkan 26 Februari 2019, di mana 3 ranking teratas masing-masing posisi akan dimintakan rekomendasi ke Komisi Asparatur Sipil Negara (KASN), untuk kemudian salah satunya dipilih Bupati Klungkung Nyoman Suwirta sebagai pejabat Eselon II.

Sementara itu, Camat Banjarangkan IB Mas Ananda mengaku melamar posisi Asisten I Setda Klungkung, karena mendekati dengan basik pendidikannya di pemerintahan. "Tentu saya ingin meningkatkan karier," ujar Mas Ananda saat dikonfirmasi NusaBali, Selasa kemarin. *wan

Komentar