nusabali

Pangdam IX/Udayana Lantik 205 Bintara Prajurit Karier TNI-AD

  • www.nusabali.com-pangdam-ixudayana-lantik-205-bintara-prajurit-karier-tni-ad
  • www.nusabali.com-pangdam-ixudayana-lantik-205-bintara-prajurit-karier-tni-ad
  • www.nusabali.com-pangdam-ixudayana-lantik-205-bintara-prajurit-karier-tni-ad

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P pada hari Senin (18/2) melantik 205 Bintara Prajurit Karier dari berbagai kecabangan dalam suatu upacara seremonial di Lapangan Wira Yudha Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan.

TABANAN, NusaBali.com
Adapun para Bintara yang dilantik terdiri dari 13 kecabangan antara lain kecabangan Infanteri 99 orang, Kavaleri 20 orang, Artileri Medan 23 orang, Artileri Pertahanan Udara 12 orang, Corp Zeni 10 orang, Corp Penerbad 16 orang, Corp Perhubungan 2 orang, Corp Peralatan 3 orang, Corp Perbekalan dan Angkutan  8 orang, Corp Polisi Militer 4 orang, Corp Ajudan Jenderal 1 orang, Corp Kesehatan Militer 3 orang dan  Corp Keuangan 4 orang.

Mereka telah dididik selama 5 bulan di Rindam IX/Udayana dalam 2 tahapan, antara lain tahap Dasar Prajurit selama 3 bulan dengan titik berat materi antara lain, Pembinaan Mental, Militer Umum, Taktik dan Teknik Militer, Intelijen, Pengetahuan Hukum dan Jasmani Militer. Kemudian dilanjutkan dengan tahap Dasar Golongan Bintara selama 2 bulan dengan titik berat materi Pembinaan Mental, Pengetahuan Perundang-undangan, Militer Umum, Taktik dan Teknik Militer, Intelijen Teritorial dan Pengetahuan Teritorial dan dalam kurun waktu 5 bulan mereka dilantik sebagai Bintara dengan pangkat Sersan Dua.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana sebagai Irup dalam amanatnya menyampaikan bahwa “Keberhasilan dalam pendidikan pertama di Rindam IX/Udayana ini telah mengantarkan kalian menjadi seorang Bintara Remaja, sekalipun masih harus mengikuti pendidikan kecabangan. Sebagai Bintara kalian harus profesional,  memiliki loyalitas, bangga terhadap profesi,  menjalin kebersamaan serta  siap mengemban tugas-tugas negara dan sigap dalam menghadapi berbagai tantangan penugasan seberat apapun, setelah dilantik kalian secara resmi meninggalkan kehidupan sebagai warga negara sipil dan beralih memasuki kehidupan Militer.”

Peralihan ini bukan sekedar perubahan fisik dan mental semata, tetapi yang terpenting mereka harus ada perubahan sikap dan perilaku sebagai seorang prajurit juga sikap dan perilaku seorang warga negara yang telah bersumpah sebagai seorang prajurit. Mereka harus mengerti dan memahami tentang tugas pokok TNI Angkatan Darat serta senantiasa memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Pangdam juga menambahkan setelah dilantik pada hari ini mereka akan melanjutkan pendidikan sekitar 4 bulan lagi di pusdik sesuai dengan kecabangan masing-masing, kecuali untuk kecabangan Infanteri  dididik di Dodik Latpur Singaraja sedangkan untuk kecabangan yang lainnya sebagian besar itu di Bandung.

Adapun yang berhasil meraih nilai tertinggi dalam aspek Tri Pola Dasar Pendidikan antara lain, Serda I Kadek  Isang Maha Hartawan tertinggi dalam aspek Sikap dan Prilaku, kemudian Serda Anak Agung Gede Sandita Yasa nilai tertinggi dalam aspek Pengetahuan dan Ketrampilan serta Serda Imam Mahdin meraih nilai tertinggi dalam aspek Jasmani Militer.

Kemudian sebagai acara tambahan dalam upacara pelantikan tersebut juga ditampilkan  demonstrasi ketangkasan dan keterampilan antara lain Bongkar Pasang Senjata, Kolone Senapan dan Bela Diri Yong Moodo oleh para Bintara yang baru dilantik cukup  mengundang decak kagum para undangan dan para hadirin yang menyaksikannya.

Para Pejabat yang hadir antara lain, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana. Kapok Sahli, Para Perwira Staf Ahli, Para Asisten, LO-AL, LO-AU, Para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana, Wakil Bupati Tabanan, Para Kepala OPD terkait Kabupaten Tabanan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana beserta Pengurus dan sejumlah undangan lainnya  (*)

Komentar