nusabali

Esktra Waspada 'Trio Firmansah'

  • www.nusabali.com-esktra-waspada-trio-firmansah

Liverpool vs Bayern, Dinihari Nanti

LONDON, NusaBali
Babak 16 besar Liga Champions tengah pekan ini menggulirkan empat laga hidup mati. Dari empat laga, dua laga patut mendapat atensi, yakni Liverpool menjamu Bayern Muenchen di Anfield Stadium, Rabu (20/2) dinihari WITA.

Juga laga tandang Juventus  lawan tuan rumah Atletico Madrid di Wanda Metropolitano, Kamis (21/2) dinihari besok. Laga lainnya Barcelona bertamu ke kandang Lyon Prancis, Rabu dinihari, serta Manchester City juga tandang melawan tim Jerman Schalke 04, Kamis dinihari.  

Duel Liverpool vs Bayern menjadi laga pertama kedua tim dalam 18 tahun, setelah Liverpool mengalahkan Bayern 3-2 di Piala Super Eropa 2001. Pada semifinal Piala Champions 2000-2001, Liverpool juga mengalahkan Bayern lewat agregat gol tandang 1-1.

Kini Bayern punya pekerjaan berat memperbaiki lini pertahanan, jika tak ingin jadi bulan-bulanan di kandang Liverpool. Pasalnya sejak pergantian tahun, Bayern gagal clean sheet di enam laga terakhir di seluruh kompetisi.

Di Bundesliga, gawang Bayern kebobolan 26 gol, terbanyak di antara tim empat besar lainnya. Maka dari itu, performa Mats Hummels dkk jadi fokus utama pelatih Niko Kovac.

Melihat kekuatan lini serang Liverpool, khususnya ‘Trio Firmansah’ (Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah), maka Bayern harus memperbaiki lini belakangnya jika tidak ingin pulang dengan tangan hampa.

"Hal ini (kesalahan saat bertahan) tidak boleh terjadi pada kami di kandang Liverpool. Ketika para pemain Bayern membiarkan Liverpool menguasai laga sejak menit awal, khususnya dengan trio lini depan mereka (Salah, Mane, dan Firmino), maka kami akan membahayakan diri setiap menitnya," Kovac dilansir FourFourTwo.

Meski demikian, Bayern tetap optimistis lolos dari 16 besar. Gelandang Bayern James Rodriguez yakin dengan peluang lolos timnya.  James mengingatkan, agar timnya tidak membuat kesalahan, meski juga akan mampu menciptakan banyak masalah bagi Liverpool.

Sementara Liverpool sempat menelan tiga kekalahan di fase grup. Namun mereka juga melaju kencang di Premier League dengan baru sekali kalah dalam 26 laga. Tim Juergen Klopp itu pun bersaing ketat dengan juara bertahan Manchester City dalam perburuan gelar Premier League.

Liverpool sedikit diuntungkan karena memiliki masa istirahat lebih panjang dengan tidak bermain pada akhir pekanlalu. Sedangkan Bayern baru saja susah payah mengalahkan tuan rumah Augsburg 3-2 di Bundesliga. *

Komentar