nusabali

811 Siswa se-Bali Meriahkan GLM Undiksha

  • www.nusabali.com-811-siswa-se-bali-meriahkan-glm-undiksha

Denpasar Tumbangkan Tuan Rumah

SINGARAJA, NusaBali

Sebanyak 811 orang siswa SD, SMP, SMA, SMK se-Bali, beradu dalam ajang Gema Lomba Matematika yang diadakan Jurusan Matematika Fakultas MIPA, Undiksha. Ajang bergengsi tahunan yang dilangsungkan Sabtu (16/2) lalu akhirnya mengumumkan pemenang di masing-masing jenjang. Para juara yang disebut meraih skor tertinggi didominasi oleh siswa asal Denpasar, sedangkan perwakilan tuan rumah harus puas di posisi tiga besar.

Hasil kejuaraan seluruh jenjang kecuali jenjang SMA, sudah mendapatkan lima juara terbaik. Di jenjang SD dan SMP, posisi pamuncak diisi oleh siswa perwakilan dari Denpasar. Sedangkan siswa terbaik asal Buleleng harus puas di posisi ketiga. Namun siswa asal Buleleng unggul di jenjang SMK. Seorang siswa SMKN Bali Mandara, mampu menaklukan peserta hebat lainnya dari luar Buleleng.

Ketua Panitia Pelaksana GLM 2018, Indra mejelaskan panitia lomba baru saja mengumumkan hasil GLM pada Senin (18/2), setelah dilakukan koreksi penyelesaian soal yang dijawab oleh peserta yang lolos ke babak final. Pengumuman resmi dilakukan secara online di web jurusan. Dalam proses lomba di masing-masing jenjang pendidikan peserta menjalani tiga tahap tes.

“Dalam babak penyisihan akan dicari 40 skor terbaik maju ke semifinal dan dari semifinal dicari 20 terbaik maju ke babak final. Kemudian di final 20 peserta ini akan mengerjakan lima soal analisis dan yang skornya terbaik langsung dinyatakan sebagai juara,” ucap Indra.

Sementara itu Ketua HMJ Matematika, I Kadek Sila Santriana, mengatakan ajang tahunan yang diselenggarakan jurusannya merupakan salah stau upaya untuk memperkenalkan Undiksha khsuusnya jurusan matematika kepada masyarakat luas. Dengan lomba yang digelar setiap tahunnya juga disebut Sila, kontribusi perguruan tinggi, untuk ikut serta meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa untuk meraih prestasi.

“Tujuan kami hanya ingin lebih memasyarakatkan lagi jurusan matematika yang selama ini dikenal sebagai mata pelajaran sulit. Dengan GLM ini harapannya siswa di semua jenjang dapat termotivasi untuk belajar matematika,” kata Sila. *k23

loading...

Komentar