nusabali

Usai Debat Jokowi Dilaporkan

  • www.nusabali.com-usai-debat-jokowi-dilaporkan

Dianggap Serang Personal Saat Singgung Soal Lahan Prabowo

JAKARTA, NusaBali
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dilaporkan ke Bawaslu atas ucapannya yang menyinggung lahan Prabowo dalam debat pilpres kedua. Jokowi dianggap menyebarkan fitnah.

"Kami melaporkan satu dalam hal ini Pak Jokowi, terkait dengan apa yang telah beliau sampaikan semalam pada saat debat capres kedua di Hotel Sultan Jakarta. Bahwa yang beliau sampaikan itu lebih kepada menyerang pribadi, kepada fitnah," ujar Tim Advokasi Indonesia Bergerak, Djamaluddin Koedoeboen, yang juga merupakan pendukung Prabowo, di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (18/2).

Dalam laporannya itu, Djamal melampirkan sejumlah barang bukti berupa print out berita media online dan rekaman pada saat debat berlangsung. Menurutnya, pernyataan Jokowi itu menyerang personal Prabowo.

"Intinya adalah bahwa dugaan fitnah atau kebohongan capres 01 ini lebih kepada menyampaikan bahwa Pak Prabowo Subianto, mempunyai atau punya lahan atau kepemilikan tanah seluas 2.200 hektare di Kalimantan Timur dan 120.000 hektare lagi di Aceh Tengah. Itu adalah sebuah statement yang menyerang personal secara pribadi," kata Djamal.

Diketahui, Prabowo sendiri dalam segmen terakhir debat telah mengakui terkait kepemilikan tanah tersebut. Prabowo mengaku tanah tersebut merupakan tanah Hak Guna Usaha (HGU). Jokowi dilaporkan atas tuduhan pelanggaran Undang-Undang 7 Tahun 2017 Pasal 280 ayat 1 huruf c, tentang Pemilu. Dia meminta Bawaslu menegur Jokowi agar tak melakukan hal yang sama dalam debat berikutnya.

Sempat terjadi momen 'panas' Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melakukan protes ke kursi komisioner KPU dan Bawaslu saat debat capres, yakni saat Jokowi menyinggung tentang lahan milik Prabowo. Namun KPU mengatakan tidak ada kecurangan terkait tata laksana selama debat kedua berlangsung.

"Kecurangan yang dimaksud itu yang seperti apa? Kalau dari tata laksana debat, itu kita memastikan tidak ada kecurangan. Dari tata laksana debat lo ya," ujar komisioner KPU, Wahyu Setiawan saat dihubungi, Senin kemarin.

Ia mengatakan protes tersebut terjadi di sela waktu jeda debat terkait pernyataan yang dianggap menyerang permasalahan pribadi. Berdasarkan hasil diskusi, kata Wahyu, disepakati bahwa permasalahan ini diserahkan kepada Bawaslu. “Semalam itu waktu break, kan kita diskusi antara Bawaslu, terus pihak KPU, TKN, BPN kan begitu," ujarnya dilansir detik.com.

Lalu apa respons Capres Joko Widodo (Jokowi) yang diadukan ke KPU dan Bawaslu soal pengungkapan ratusan ribu hektare lahan yang dikuasai Prabowo Subianto dan pertanyaan soal unicorn?"Debat yang lalu saya dilaporkan. Kalau debat dilapor-laporin, nggak usah debat aja. Ha-ha-ha. Debat kok dilaporkan, gimana?" ujar Jokowi setelah melepas kontainer ekspor di PT Mayora Indah Tbk, Tangerang, Banten, Senin kemarin.

Jokowi diadukan lantaran dinilai Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tendensius dan menyerang personal Prabowo. Justru menurut Jokowi, jika ia melanggar tata tertib, Anggota Bawaslu dan KPU bisa langsung menegurnya. "Kan sudah ada ketua Bawaslu dan komisioner Bawaslu di situ. Ya kalau kira kira nggak anu, pasti dibisikin," kata Jokowi.

Sebelumnya, BPN Prabowo langsung mendatangi KPU untuk protes soal pertanyaan lahan. BPN menyebut KPU dan Bawaslu akan menindaklanjuti. KPU merespons aduan itu dengan mempersilakan BPN melapor ke Bawaslu. *

loading...

Komentar