nusabali

Bupati Mas Sumatri Apresiasi Rembuk Pendidikan

  • www.nusabali.com-bupati-mas-sumatri-apresiasi-rembuk-pendidikan

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, mengapresiasi acara rembuk pendidikan melibatkan 285 Kasek PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), 358 Kasek SD, dan 54 Kasek SMP se-Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali

Rembuk pendidikan untuk mematangkan program indikatif tahun 2020 dan mengoptimalkan implementasi program kerja tahun 2019. Rembuk pendidikan digelar di aula kantor UPTD Dinas Pertanian Kecamatan Rendang, Banjar Singarata, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem, Sabtu (16/2).

Bupati Mas Sumatri menegaskan, pendidikan adalah tulang punggung masa depan bangsa. Salah satu prioritas anggaran dialokasikan untuk pendidikan, baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sarana pendukung seperti sarana dan prasarana, serta terkait lainnya. Sebab pendidikan merupakan salah satu visi dan misi pembangunan Pemkab Karangasem mesti dituntaskan, minimal mampu mengentaskan pendidikan wajib belajar 9 tahun.

Bupati Mas Sumatri mengatakan, secara kualitas pendidikan di Karangasem telah mampu bersaing hingga di tingkat nasional. Hal itu dibuktikan adanya guru-guru profesional yang telah mampu meraih gelar juara nasional. "Bagi para pendidik dari Karangasem juara di Tingkat Provinsi Bali itu merupakan hal biasa, bahkan prestasi itu berlanjut hingga ke tingkat nasional. Di samping banyak prestasi lain dari dunia pendidikan," jelas Bupati Mas Sumatri.

Dikatakan, warga Karangasem mesti bangga memiliki pendidik berkualitas, sehingga secara perlahan telah mampu mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan. "Makanya tidak salah, guru itu adalah pahlawan amat sangat berjasa untuk anak-anak bangsa," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Karangasem, I Putu Arnawa dalam presentasinya di acara rembuk pendidikan mengungkapkan, pendidikan merupakan wadah penjabaran kebudayaan. "Kalau berbicara kebudayaan, mesti melalui pendidikan," jelas I Putu Arnawa.

Atas dasar itu antara kebudayaan dengan pendidikan, mesti bersinergi dalam melakukan pembelajaran. Terlebih lagi telah diatur UU No 05 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Rembuk pendidikan dihadiri Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, Kabid Pembinaan SMP I Wayan Sarya, Kabid Pembinaan SD I Nyoman Selatra, Sekdis I Wayan Sutrisna, Kabid Pembinaan Ketenagaan I Made Rangkep, dan seluruh Kasek PAUD, Kasek SD, dan Kasek SMP se-Karangasem.

Kasek SDN 8 Tianyar, Kecamatan Kubu I Gede Putu Dana mengapresiasi acara itu, untuk mencermati program tahun 2010. "Tahun 2020 kami rencanakan melakukan rehab tiga ruang kelas," jelas I Gede Putu Dana. Sementara Kasek SDN 1 Ngis, Kecamatan Manggis I Nengah Adnyana mengatakan, tahun 2020 juga melakukan rehab 3 ruang kelas dan dua kamar kecil. "Kami juga melakukan penataan sekolah untuk persiapan lomba Wiyata Mandala," katanya. k16

Komentar