nusabali

Sampah Berserakan Usai Pesta Nasi Jinggo

  • www.nusabali.com-sampah-berserakan-usai-pesta-nasi-jinggo

Dalam setiap peringatan hari-hari besar, Pemkab Jembrana biasa menggelar pesta makan nasi jinggo.

NEGARA, NusaBali

Begitu juga saat peringatan HUT ke-3 periode kedua kepemimpinan Bupati Artha-Wabup Kembang (Abang) yang dipusatkan di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana, Minggu (17/2) pagi. Namun seusai pesta nasi jinggo itu, sampah-sampah berserakan di sekitar lokasi.

Dari pemantauan NusaBali, sampah-sampah itu hampir berserakan di setiap sudut areal GKBK Jembrana. Sampah-sampah berupa tas plastik, daun bungkus nasi, termasuk gelas plastik air kemasan, juga berserakan di dekat tempat sampah yang disediakan. Bahkan, sampah-sampah sehabis pesta nasi jinggo itu juga berserakan di sekitar Taman Pecangakan Jembrana di seberang GKBK Jembrana, hingga di jalan seputaran depan Kantor Bupati Jembrana.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jembrana Dewa Gede Ary Candara, Minggu kemarin, mengatakan, setiap ada kegiatan yang berpotensi menyisakan banyak sampah, selalu diantisipasi. Sama halnya serangkaian pesta nasi jinggo, Minggu pagi kemarin. Pihaknya sengaja menambah 8 tempat sampah di sekitar GKBK, di samping bak sampah yang sudah tersedia di sekitar lokasi, termasuk 1 bak kontainer sampah. “Sudah kami antisipasi, tetapi memang kesadaran masih kurang. Tetapi ada juga yang sudah membuang sampah di tempat yang sudah disediakan,” ujarnya.

Selain menambah tong sampah, sambung Ary Candara, begitu melihat cukup banyak sampah berserakan di sekitar lokasi, juga diterjunkan sebanyak 18 petugas kebersihan. Di samping itu, truk road sweeper atau truk penyapu jalan, juga diterjunkan Minggu siang kemarin, menyasar jalan-jalan sekitar GKBK Jembrana, termasuk di jalan sekitar Kantor Bupati Jembrana. “Tadi (kemarin) petugas sampai lembur. Memang kita sayangkan perilaku seperti ini. Sudah tersedia bak sampah terdekat, tetapi masih belum punya kesadaran. Apalagi ada yang sengaja membuang tidak dikumpulkan, sehingga nasi-nasi berserakan,” ungkapnya. *ode

loading...

Komentar