nusabali

Buka Warung Makan Gratis di Acara RAT

  • www.nusabali.com-buka-warung-makan-gratis-di-acara-rat

Kiat Kopdit Kubu Bingin Perkuat Pelayanan

GIANYAR, NusaBali

Setiap koperasi punya strategi tersendiri dalam memberikan pelayanan prima kepada anggota. Kopdit (Koperasi Kredit) Kubu Bingin Bali yang berkantor pusat di Banjar Tengkulak Mas, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, misalnya. Kopdit ini memberikan kesempatan kepada anggota yang punya usaha kuiliner, berjualan di lokasi acara RAT (rapat anggota tahunan.

Seperti pada RAT Kopdit Kubu Bingin di Wantilan Pura Taman Pule, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, Minggu (17/2). Belasan anggota Kopdit yang punya usaha kuliner yakni jenis sayur, sate, nasi campur, tipat santok, es cendol, hingga makanan vegetarian, buka warung makanan di sekitar lokasi RAT. Sekitar 2.000-an anggota koperasi yang menghadiri RAT diberi kupon makan  makan oleh panitia RAT. Kupon itu bisa ditukar dengan pelbagai jenis makanan yang dijual para anggota koperasi. Peserta RAT juga boleh membeli makanan di luar kupon. Harga makanan sesuai kupon sekitar Rp 15.000, termasuk minuman.

Beberapa pedagang makanan itu mengaku senang karena diberi kesempatan yang sama berjualan di acara RAT. ‘’Biasanya, pada acara-acara di tempat lain, peserta acaranya pasti makan makanan yang dibeli di catering. Kalau ini, semua pedagang hampir merata bisa berkembang,’’ ujar salah seorang pedagang.

Ketua Kopdit Kubu Bingin I Nyoman Arjawa mengatakan, warung makan gratis ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada anggota koperasi yang pedagang untuk berjualan dan mengenalkan produknya. Dengan kupon makan ini juga para peserta RAT dapat memilih makanan sesuai kesukaan, tak selalu nasi kotak. Makannya juga tak harus menunggu pas acara makan siang. ‘’Dengan model ini, antar pedagang bisa bertukar informasi tentang usaha. Kami manajemen kopdit tentu terus mengembangkan program untuk memaksimalkan pelayanan kepada anggota,’’ papar seniman lukis dan topeng asal Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar ini.

Arjawa menambakan, Kopdit Kubu Bingin memiliki 2.588 anggota se Bali dengan Kantor Cabang KSP di Karangasem, Klungkung, Tegallalang, dan Batubulan. Per 31 Desember 2018, pertumbuhan aset Rp 244.514.290 atau 1,11 persen, dan pertumbuhan SHU 8,11 persen atau Rp 39.748.218. Capaian SHU 97,64 persen atau Rp 529.755.683 dari target Rp 542.566.658.

Manajer Kopdit Kubu Bingin Dewa Ayu Putriani SE menambahkan, tahun 2018 merupakan Tahun Peningkatan Kualitas SDM dan Legalitas Lembaga. Peningkatan SDM yakni

pengurus, pengawas dan manajemen dikirim dalam berbagai kegiatan diklat. Antara lain, diklat oleh Puskopdit Bali Artha Guna, Dinas Koperasi UMKM Bali, Dekopinwil Provinsi Bali, dan lainnya. Tahun peningkatan legalitas yakni mensertifikasi dan uji kompetensi manajemen kopdit. *lsa

loading...

Komentar