nusabali

Bupati Suwirta Pantau Pembersihan di Pantai Klotok

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-pantau-pembersihan-di-pantai-klotok

Jelang Upacara Melasti Ida Bhatara Turun Kabeh

SEMARAPURA, NusaBali

Ribuan umat akan menggelar Melasti Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih ke Segara/Pantai Watu Klotok, Desa Tojan, Klungkung, Maret 2019. Terkait itu, Pemkab Klungkung melakukan pembersihan pasir di area parkir, sebelah barat Pura Watu Klotok. Pembersihan tumpukan pasir yang memenuhi area parkir dilakukan dengan menerjunkan satu unit alat berat milik Dinas PU Klungkung, Minggu (17/2).

Hamparan pasir tersebut dipindahkan ke selatan atau di pinggir pantai yang posisinya lebih rendah. Selain pembersihan pasir, sejumlah lapak sementara milik pedagang di lahan parkir tersebut juga dibongkar oleh pemilik masing-masing. Pembersihan itu dipantau langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Plt Kadis PU Klungkung Nyoman Susanta dan Kepala Satpol PP dan Damkar Klungkung Putu Suarta.

Bupati Suwirta menyebutkan tempat ini dulunya merupakan lahan parkir yang sudah dipenuhi dengan pasir yang terbawa ombak dengan kedalaman kurang lebih satu meter. Meski sudah ada lokasi parkir di timur atau utara pura, pembersihan ini untuk mengembalikan fungsi parkir seperti semula. Bupati menugaskan Dinas PU untuk membersihkan secara terus- menerus jika pasir kembali menutupi areal parkir. “Jangan sampai tempat parkir ini seperti pantai, karena tingginya tumpukan pasir yang terbawa ombak,” ujar Suwirta.

Menurut Suwirta, selain pembersihan pasir, pembongkaran lapak-lapak pedagang sementara yang dilakukan secara mandiri oleh pemilik masing-masing juga untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesucian Pura Watu Klotok. Pemkab Klungkung akan merancang penataan tempat parkir ini termasuk lokasi berjualan. “Kami harap masyarakat agar bersama-sama menjaga kesucian areal pura ini,” sebutnya. *wan

Komentar