nusabali

Perguruan Tinggi Swasta Diharapkan Tembus Peringkat 500 Dunia

  • www.nusabali.com-perguruan-tinggi-swasta-diharapkan-tembus-peringkat-500-dunia

Pemerintah berharap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia pun bisa menembus peringkat 500 besar dunia.

JAKARTA, NusaBali

Disisi lain pendampingan kepada kampus yang akreditasinya masih rendah juga akan terus dilakukan. Setiap perguruan tinggi memiliki peran yang sama dalam membuka akses masyarakat ke pendidikan tinggi dan menyiapkan sumber daya manusia milenial yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing tinggi. Saat ini Indonesia telah memiliki tiga perguruan tinggi swasta (PTN) yang berada pada peringkat 500 besar dunia, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB). dan Universitas Gadjah Mada (UGM). “Saya pun berharap PTS Indonesia juga mampu menembus peringkat 500 besar dunia,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) Mohammad Nasir saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah III (LLDIKTI wilayah III) di Jakarta kemarin.

Dalam acara yang dihadiri oleh pimpinan PTS dan PTN di wilayah LLDIKTI III ini MenristekDikti mengatakan, dalam kurun waktu empat tahun ini PTS di Indonesia menunjukkan peningkatan mutu yang sangat pesat. Dia mengungkapkan, saat ini telah ada 36 PTS di Indonesia yang memiliki akreditasi A. Mantan rektor Universitas Diponegoro ini pun mengapresiasi atas capaian 13 PTS di lingkungan LLDIKTI wilayah III yang telah meraih akreditasi A.

LLDIKTI wilayah III Jakarta merupakan LLDIKTI yang memiliki PTS dengan akreditasi A terbanyak dibandingkan LLDIKTI wilayah lain. Saat ini LLDIKTI wilayah IV, V, VI, dan VII juga memiliki PTS dengan akreditasi A. “Saya berharap ini terus ditingkatkan sehingga perguruan tinggi yang terakreditasi A semakin banyak. Ini bisa menjadi contoh bagi LLDIKTI lain yang selama ini masih belum memiliki PTS yang terakreditasi A,” tuturnya.

Menristek-Dikti menyampaikan, perguruan tinggi sebagai tempat mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul harus mampu menyikapi tan tangan Revolusi Industri 4.0 ini dengan cepat dan tepat. *

Komentar