nusabali

Komitmen Tuntaskan Kemiskinan di Badung

  • www.nusabali.com-komitmen-tuntaskan-kemiskinan-di-badung

Tiga Tahun Kepemimpinan I Nyoman Giri Prasta–I Ketut Suiasa

MANGUPURA, NusaBali
Sudah tiga tahun berjalan pasangan Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketua Suiasa (Giriasa) memimpin Kabupaten Badung. Sejak dilantik pada 16 Februari 2016, pasangan ini bertekad menuntaskan seluruh program yang dicanangkan, salah satunya menuntaskan kemiskinan hingga nol persen.

Bupati Giri Prasta mengungkapkan, sejak awal sangat komit membantu serta meringankan beban masyarakat, baik kebutuhan pribadi maupun kebutuhan komunal. Berdasarkan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB), ada lima prioritas pembangunan yang digenjot, yakni program sandang, pangan dan papan; program kesehatan; pendidikan, jaminan sosial, dan tenaga kerja; program adat, agama, seni budaya; dan pariwisata.

“Di bidang kesehatan, di Badung sudah menjalankan Tri Kona Lahir, jadi lahir, hidup, mati ditanggung pemerintah. Di bidang pendidikan, seluruh biaya pendidikan dari SD sampai SMP gratis, seragam dan perlengkapannya juga diberikan gratis. Kami juga memberikan beasiswa keluar negeri, wifi gratis,” bebernya saat bertatap muka dengan wartawan bertepatan tiga tahun kepemimpinannya, Sabtu (16/2), di Rumah Jabatan Bupati di Kompleks Puspem Badung, didampingi Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dan Kabag Humas Setda Badung Putu Ngurah Thomas Yuniarta.

“Kami juga memberikan gaji (santunan) kepada lansia yang berusia 72 tahun ke atas dan memberikan santunan bagi Sulinggih, Pamangku Sad Kahyangan, Dang Kahyangan, Kahyangan Jagat, Kahyangan Tiga, dan Prajapati. Melalui program ini ekonomi masyarakat Badung akan meningkat dan astungkara kemiskinan akan turun hingga nol persen. Kami pastikan tahun 2020 nol persen kemiskinan di Badung,” harapnya.

Program Pemkab Badung berdasarkan Nawa Cita pemerintah pusat yang dijabarkan ke dalam enam prinsip dasar pembangunan Badung yaitu pro growth, pro job, pro poor, pro culture, pro environment, dan pro law enforcement. “Untuk menguatkan supaya perekonomian masyarakat meningkat, pemerintah juga telah menetapkan kebijakan-kebijakan strategis bidang ketenagakerjaan seperti memperkuat daya saing tenaga kerja melalui peningkatan kompetensi para tenaga kerja pada bidang pariwisata. Selain itu, pemerintah memberikan fasilitas serta dukungan pendanaan melalui upaya sertifikasi,” ungkap Bupati Giri Prasta.

Selaras dengan hal tersebut, pihaknya juga mendorong tumbuhnya wirausaha-wirausaha muda. Tujuannya supaya masyarakat Badung menjadi tuan di rumah sendiri. “Semoga dengan keberadaan HIPMI, dapat mencetak lebih banyak pengusaha muda di Kabupaten Badung,” harapnya.

Dalam tiga tahun kepemimpinan Giriasa ini, berbagai prestasi sudah diraih dan ditorehkan pada masyarakat baik di tingkat provinsi maupun skala nasional. Dengan komitmen yang tinggi membangun Badung yang kuat, sejahtera, dan jauh dari korupsi, Pemkab Badung berhasil meraih penghargaan. Salah satunya BPJS Pusat menganugerahkan Universal Health Coverage (UHC). Penghargaan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta tahun 2018.

Komitmen Pemkab Badung dalam meningkatkan mutu pelayanan publik juga mendapat apresiasi berupa Piagam Penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Syafruddin pada 2018 lalu. Penghargaan diterima Wakil Bupati I Ketut Suiasa bertempat di Balai Kartini, Jakarta. *asa

Komentar