nusabali

Dua Camat di Jembrana Terpilih Jadi Kepala Dinas

  • www.nusabali.com-dua-camat-di-jembrana-terpilih-jadi-kepala-dinas

5 Pejabat Eselon II Dimutasi, Seluruh Camat Diganti

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana lantik 7 pejabat Eselon II hasil proses lelang (seleksi terbuka), bertepatan dengan 3 tahun kepemimpinan pasangan I Putu Artha-I Made Kembang Hartaman (Paket Abang) selaku Bupati-Wakil Bupati Jembrana 2016-2021, Minggu (17/2) pagi. Dari 7 pejabat Eselon II hasil proses lelang itu, dua di antaranya merupakan camat yang terpilih menduduki jabatan kepala dinas, yakni Camat Mendoyo Gede Sujana dan Camat Negara I Komang Agus Adinata.

Seperti diprediksi, Gede Sujana (Camat Mendoyo) dilantik Bupati Putu Artha menjadi Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jembrana. Sedangkan Komang Agus Adinata (Camet Negara) dilantik menjadi Kadis Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana. Kedua camat ini sebelumnya sama-sama menduduki peringkat teratas dalam seleksi terbuka jabatan Eselon II untuk posisi masing-masing.

Dari 3 camat di Jembrana yang ikut proses lelang di Panitia Seleksi (Pansel), hanya Camat Melaya I Wayan Andy Suka Anjasmara yang gagal terpilih menjadi pejabat Eselon II. Dalam proses lelang, Suka Anjasmara melamar di dua jabatan Eselon II, masiang-masing Kadis PMD Jembrana dan Kadis Koperindag Jembrana. Untuk posisi Kadis PMD, Suka Anjasmara hanya mendudui peringkat ketiga, di bawah Gede Sujana dan Komang Agus Adinata. Sedangkan untuk jabatan Kadis Koperindag Jembrana, Suka Anjasmara hanya menduduki pertingkat tiga di bawah Komang Agus Adinata dan Gede Sujana.

Selain dua camat yang masing-masing dilantik menjadi Kadis PMD Jembrana dan Kadis Koperindag Jembrana, ada 5 lagi pejabat Eselon II hasil proses lelalng yang dilantik Bupati Putu Artha secara bersamaan di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana di Negara, Minggu kemarin. Mereka semua menduduki ranking teratas saat proses seleksi terbuka di Pansel sebelumnya.

Pertama, Kabag Humas dan Protokol Setda Jembrana I Komang Suparta, yang dilantik menjadi Kadis Penanaman Modal dan Periziunan Terpadu Sati Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Jembrana. Kedua, Direktur RSUD Negara dr Made Dwipayana yang dilantik menjadi Kadis Sosial Jembrana. Ketiga, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Jembrana I Wayan Sudiarta yang diantik menjadi Kadis Lingkungan Hidup (LH) Jembrana. Keempat, Kabag Perlengkapan Setda Jembrana I Wayan Sudana yang dilantik menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Ekbangkeu, Kelima, Kepala Kantor Kesbangpol Jembrana IGN Darma Putra yang dilantik menjadi Staf Ahli Bupati Budang Hukpolpem.

Secara keseluruhan, ada 209 pejabat Pemkab Jembrana dari berbagai seselon yang dilantik Bupati Artha, Minggu kemarin. Sebanyak 197 orang di antaranya merupakan pejabat hasil mutasi. Termasuk di antaranya 5 pejabat Eselon II yang kena gelombang mutasi.

Rinciannya, Asisten III Setda Jembrana I Nengah Ledang dimutasi menjadi Asisten I Setda Jembrana. Kemudian, Kadis PMD Jembrana IGN Sumber Wijaya dimutasi menjadi Asisten II Setda Jembrana. Sedangkan Kadis LH Jembrana I Ketut Kariadi Erawan dimutasi menjadi Asisten III Setda Jembrana. Sementara Kadis Koperindag Jembrana Made Gede Budhiarta dimutasi menjadi Kadis Kominfo Jembrana. Sebaliknya, Kadis PMPTSPTK Jembrana Ni Nengah Wartini dimutasi menjadi     Kadis Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Jembrana.

Untuk mutasi jabatan Eselon III lingkup Pemkab Jembrana, terjadi kejutan di mana seluruh 5 camat di Gumi Makepung berganti posisi. Untuk kursi Camat Mendoyo yang ditinggalkan Gede Sujana, dipercayakan kepada I Putu Nova Noviana yang sebelumnya menjabat Sekcam Negara. Untuk kursi Camat Negara yang ditinggalkan Komang Agus Adinata, dipercayakan kepada I Wayan Andi Suka Anjasmara yang sebelumnya menjabat Camat Melaya. Jabatan Camat Melaya yang ditinggalkan Wayan Andi Suka Anjasmara kemudian dialihkan kepada Gede Oka Santika, yang sebelumnya menjabat Sekcam Mendoyo.

Sementara, Camat Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra diseger sebagai Kepala Bagian (Kabag) Perlengkapan Setda Jembrana. Jabatan Camat Jembrana kemudian dialihkan kepada I Made Leo Agus Jaya, yang sebelumya menjabat Sekretaris Satpol PP Jembrana. Sedangkan Camat Pekutatan I Komang Dhyatmika digeser menjadi Kepala Kantor Kesbangpol Jembrana. Jabatan Camat Pekutatan dialihkan kepada I Wayan Yudana, yang sebelumnya menjabat Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kecamatan Mendoyo.

Di sisi lain, jabatan Kabag Humas dan Protokol Seda Jembrana yang tinggalkan I Komang Suparta dialihkan kepada I Made Cipta Wahyudi, yang sebelumnya menjabat Kabid Pajak Daerah Lainnya pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jembrana. Komang Suparta sendiri terpilih menjadi Kadis PMPTSPTK Jembrana melalui proses lelang.

Bupati Putu Artha mengatakan, tidak ada yang turun jabatan (degradasi) dalam pelantikan 209 pejabat berbagai eselon kemarin. Menurut Bupati Artha, 32 staf termasuk sejumlah mantan Kepala TU SMP Negeri (setingkat Eselon Va) juga mendapat kenaikan jabatan ke Eselon IV.

Disebutkan, rotasi pejabat ini telah melalui mekanisme sesuai aturan. Begitu juga dalam melakukan rotasi, perpanjangan masa jabatan, termasuk pengisian 7 jabatan Eselon II, semuanya melalui proses rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Semua telah berjalan sesuai aturan,” ujar Bupati Artha seusai acara pelantikan, Minggu kemarin.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Bupati Artha mengharapkan mereka agar selalu berkompetisi menunjukkan kompetensi, prestasi, integritas, dan loyalitas. Setelah pelantikan, para pejabat tersebut diminta langsung tancap gas. “Tidak ada waktu lagi untuk berleha-leha, bahkan bersenang-senang. Setelah dilantik, segera bekerja, kerja, dan kerja,” jelas Bupati Artha yang kemarin didampingi Sekda Jembrana, I Made Sudiada.

“Selain bekerja keras, pejabat di semua OPD harus kompak dan terintegrasi dalam menjalankan program sasaran. Target kita saat ini adalah bagaimana mengentaskan kemiskinan. Harus saling bersinergi, bukan hanya pemenuhan sarana seperti bedah rumah. Tapi, juga berupaya meningkatan pendapatan perkapitanya. Caranya, melalui program lintas sektor harus kompak dan benar-benar dioptimalkan,” lanjut politisi PDIP asal Melaya yang sudah dua kali periode menjabat Bupati Jembrana ini. *ode

Komentar