nusabali

Pompa Rusak, Pasokan Air PDAM Terganggu

  • www.nusabali.com-pompa-rusak-pasokan-air-pdam-terganggu

Pompa intake di IPA Belusung terkena lumpur. Diperkirakan hari ini perbaikan pompa telah tuntas, dan pasokan air bersih normal kembali.

MANGUPURA, NusaBali
Pasokan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mangutama, Kabupaten Badung, mengalami gangguan. Penyebabnya, pompa intake di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Belusung, Denpasar, rusak. Pelayanan akan kembali normal diperkirakan mulai hari ini.

Kerusakan pada pompa intake di IPA Belusung sudah terjadi sejak Jumat (15/2). Semula, perbaikan ditarget rampung pada Sabtu (16/2) malam. Namun karena persoalan teknis, perbaikan memerlukan waktu lebih lama. Karenanya, hingga Minggu (17/2) kemarin, pasokan air bersih untuk sebagian wilayah di Badung terganggu.

“Pompa terkena lumpur, jadi perbaikannya lumayan lama. Namun, permakluman sudah kami sampaikan melalui website dan media sosial. Kami berharap masyarakat dapat memahami kondisi yang ada. Sekarang upaya perbaikan masih terus dilakukan,” ujar Dirut PDAM Tirta Mangutama I Ketut Golak.

Menurut Golak, tidak semua pasokan air ke pelanggan mengalami gangguan akibat kerusakan pada pompa intake di IPA Belusung. Wilayah yang terkena dampak langsung hanya yang berada di kawasan Badung kota. Meliputi, Desa Dalung, Buduk, Tibubeneng, Abianbase, Muding, Kesambi, Sempidi, Darmasaba, dan sekitarnya. “Jadi tidak semua wilayah terkena dampak. Daerah Kuta Selatan, misalnya, pasokan aman,” ungkap pria asal Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi, tersebut.

Kendati perbaikan pompa intake di IPA Belusung membutuhkan waktu lebih lama, Golak memastikan perbaikan akan rampung pada Senin (18/2) hari ini. “Pelayanan diperkirakan normal besok (hari ini). Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucapnya.

Walau pasokan air bersih alami gangguan, Golak memastikan pelayanan akan tetap diberikan kepada masyarakat. Caranya, PDAM Tirta Mangutama memasok air secara langsung kepada masyarakat melalui mobil tangki. “Kami punya empat unit mobil tangki yang melayani kebutuhan air masyarakat, yang diakibatkan oleh gangguan ini. Air yang kami drop gratis untuk masyarakat,” katanya. *asa

Komentar