nusabali

Moderator Debat Ingin Jokowi dan Prabowo Rileks

  • www.nusabali.com-moderator-debat-ingin-jokowi-dan-prabowo-rileks

Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto kembali naik panggung untuk debat kedua pada Pilpres 2019, Minggu (17/2) malam ini.

Malam Ini Debat Kedua Pilpres 2019

JAKARTA, NusaBali
Tema debat kedua yang hanya diikuti oleh calon presiden (capres) di Hotel Sultan, Jakarta, adalah energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Capres petahana Jokowi mengaku siap membeberkan capaian pemerintah seputar tema tersebut. Sementara Prabowo disebut sudah menguasai materi debat.

Moderator debat capres, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ingin kedua capres, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto rileks saat berada di panggung debat. Kedua capres diharapkan bisa membuka rencana-rencana program agar bisa diketahui masyarakat.

“Kami berharap dapat membantu debat kedua ini lebih cair, lebih hidup, dan yang lebih penting kedua capres tampil lebih rileks, santai, jadi itu harapan kami sebenarnya,” kata Tommy Tjokro di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (16/2).

Ada 6 segmen debat bertema energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam. Moderator juga sudah meneken pakta integritas untuk tidak membocorkan kisi-kisi debat capres. “Itu yang kami pegang penuh karena merupakan mandat dan tanggung jawab yang luar biasa untuk tujuannya menciptakan debat yang hidup. Tentu eksploratif yang ada di segmen keempat nanti diharapkan menghidupkan debat kedua capres,” paparnya.

Sementara itu, Anisha Dasuki berharap kedua capres memaparkan ide-ide baru di panggung debat capres. Anisha juga menyebut ada yang berbeda di segmen debat capres.

“Ada perbedaan debat pertama dan kedua, yaitu ada debat terbuka antara kedua capres, yang mana kami sudah membahas dengan timses 01 dan 02. Besok (hari ini) di debat terbuka tersebut akan ada kejutan bagi masyarakat dan juga ada ide-ide baru, ide-ide segar yang akan terungkap dari kedua pasangan calon,” kata Anisha seperti dilansir detikcom.

Sementara perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno menyatakan kesiapan capres menghadapi debat kedua.

“Ini kita percaya bahwa debat inspiratif ini nanti akan lebih memberikan ruang kepada paslon kami dari Pak Joko Widodo untuk lebih bisa mengekspresikan pikiran-pikiran dan narasi-narasi besar, maupun data-data dan supaya masyarakat lebih paham betul mengenai hal yang mau disampaikan oleh pasangan kami. Khususnya Pak Joko Widodo berkaitan dengan hal yang menyangkut infrastruktur, menyangkut pangan, energi, dan lingkungan sumber daya alam,” ujar Direktur Program TKN, Aria Bima.

Sedangkan Direktur Saksi BPN Danang Wicaksono yakin debat akan berlangsung seru dan atraktif dibanding debat capres pertama.

“Yang jelas kita akan menampilkan calon presiden yang siap untuk memenangkan pemilu ini dengan cara proses debat yang kedua ini, yang saya kira akan lebih mengeksplorasi bagaimana gambaran besar ke depan pasangan 02 untuk memperbaiki Indonesia,” ujar Danang. Kedua kubu menyatakan siap menghadapi debat dan menguasai materi debat kedua, malam ini.

Keyakinan Jokowi bakal menguasai debat capres kedua pernah disampaikan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir. Menurutnya, Jokowi sudah mempersiapkan materi debat capres, termasuk dengan para pakar.

“Yang penting isu yang sedang, akan didiskusikan dengan ini (dalam debat capres), ini sih Pak Jokowi banget. Beliau sudah ketemu pakar yang beliau percaya. Kemarin saya lihat (latihan) bagus. Karena ini yang ditunggu-tunggu, presiden bersama capres, ini yang ditunggu,” ujar Erick Thohir kepada wartawan, Rabu (13/2).

Sementara Wakil Ketua TKN Moeldoko menyebut Jokowi sudah berpengalaman, terutama soal pembangunan infrastruktur. Karena itu, mudah untuk mempromosikan Jokowi sebagai capres petahana dengan pencapaiannya kepada masyarakat.

“Beliau telah memiliki pengalaman bertempur, pengalaman mengelola negara yang sangat luar biasa berikutnya. Memiliki program yang sangat jelas. Pertama, pembangunan infrastruktur yang luar biasa sebagai fondasi untuk lompatan yang berikutnya,” ujar Moeldoko seperti dilansir detikcom, Sabtu (16/2).

Bagaimana dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto? Waketum Gerindra Fadli Zon menegaskan kesiapan capres Prabowo menghadapi debat capres putaran kedua. Prabowo disebut sudah menguasai materi debat.

“(Prabowo) akan dengan data, dengan rasional, dan terukur. Pak Prabowo sudah hafal luar kepala data-data. Beliau kan sudah menulis buku tentang ‘Paradoks Indonesia’, tentang ‘Indonesia Menang’,” kata Fadli kepada wartawan di Seknas Prabowo-Sandi, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).

Prabowo, menurut Fadli, bakal melakukan banyak improvisasi saat debat. Namun, dipastikan Fadli, Prabowo sudah menguasai materi debat capres.

“Pak Prabowo itu kan sudah biasa bicara soal pangan, soal kedaulatan pangan, soal infrastruktur, dan soal-soal lain, terutama Pak Prabowo dua kali menjadi Ketua Umum HKTI. Sekarang saya meneruskan beliau. Jadi kepedulian Pak Prabowo terhadap petani dan sektor pertanian terbiasa komitmennya,” papar Fadli.

Sedangkan juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Faldo Maldini, menyebut keberhasilan capres petahana Jokowi akan diuji saat debat kedua nanti.

“Tunggu saja karena memang publik juga ingin tahu kan apa sih yang membedakan antara Prabowo-Sandi dan Jokowi sebagai petahana. Dan juga kita akan menguji klaim-klaim keberhasilan yang selalu disampaikan Pak Jokowi,” kata Faldo, Rabu (13/2). *

loading...

Komentar