nusabali

Rp 100 Miliar untuk 6 Kabupaten

  • www.nusabali.com-rp-100-miliar-untuk-6-kabupaten

Pemkab Badung menyiapkan Rp 100 miliar untuk membantu bedah rumah sebanyak 2.000 rumah di enam kabupaten di Bali.

Bantuan Bedah Rumah dari Pemkab Badung Bakal Direalisasikan Tahun Ini

MANGUPURA, NusaBali
Wacana memberikan bantuan bedah rumah dari Pemkab Badung kepada enam kabupaten di Bali, meliputi Kabupaten Bangli, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Jembarana, Buleleng, bakal direalisasikan tahun ini. Rencananya ada sebanyak 2.000 rumah yang bakal dibedah, masing-masing kabupaten menerima sesuai dengan kebutuhan, per rumah dihargai senilai Rp 50 juta.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Badung Ketut Gede Suyasa, mengungkapkan bantuan bedah rumah kepada enam kabupaten sepenuhnya menjadi kewenangan pimpinan. “Kalau beliau (Bupati) sudah menyatakan direalisasikan, pasti jalan. Secara total anggaran yang disiapkan Rp 100 miliar untuk enam kabupaten. Tetapi kalau distribusinya ke masing-masing Bapak Bupati yang memutuskan,” ujarnya, Kamis (14/2).

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, menegaskan guna merealisasikan program bantuan bedah rumah tersebut, alokasi anggaran sudah disiapkan. Tinggal menunggu tindaklanjut dari kabupaten penerima saja, karena anggaran baru bisa cair setelah ada pengajuan proposal. Andaikan tidak semua kecamatan dapat tercover, Bupati mengisyaratkan agar ada kebijakan dari daerah penerima bantuan. Misalkan, di kabupaten A tahun ini beberapa kecamatan saja, tahun berikut sisanya lagi. “Ini harus ada data yang diajukan dari masing-masing kabupaten penerima, supaya jelas,” kata Bupati Giri Prasta.

Bupati asal Pelaga, Kecamatan Petang, itu menjelaskan nominal bantuan bedah rumah senilai Rp 50 juta untuk setiap rumah. Jadi total Pemkab Badung menyiapkan anggaran Rp 100 miliar untuk merealisasikan program ini. “Kami inginnya sih diberikan dana (tunai). Harapan kami diawasi oleh kabupaten dan masyarakat sekitar,” tandasnya.

Dengan bantuan bedah rumah yang diberikan, Bupati Giri Prasta berharap program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) dapat terwujud. “Nanti Badung memberikan (bedah rumah), provinsi memberikan, pusat juga memberikan, jadi semesta berencana. Semesta itu menyeluruh, berencana itu terpola,” tuturnya.

Disinggung kemungkinan Kabupaten Gianyar dan Kota Denpasar menerima bantuan program bedah rumah serupa, Bupati Giri Prasta menyatakan seluruh kabupaten/kota memiliki kesempatan yang sama dengan enam kabupaten penerima. “Bisa saja dapat (bantuan bedah rumah) berdasarkan usulan,” ucap Bupati Giri Prasta.

Sekadar mengingatkan, wacana memberikan bantuan bedah rumah sebanyak 2.000 unit disampaikan Bupati Giri Prasta saa pemaparan evaluasi program pembangunan Kabupaten Badung Semester I Tahun 2017 di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali di Denpasar. Pernyataan itu disampaikan secara terbuka. *asa

Komentar