nusabali

3 Camat Bersaing Berebut Kursi Kadis PMD dan Kadis Koperindag

  • www.nusabali.com-3-camat-bersaing-berebut-kursi-kadis-pmd-dan-kadis-koperindag

Bupati Jembrana Sudah Pilih 7 Pejabat Eselon II

NEGARA, NusaBali

Peringkat 3 besar di masing-masing 7 jabatan Eselon II Pemkab Jembrana hasil lelang (seleksi terbuka), sudah diumumkan Panitia Seleksi (Pansel), Selasa (12/2). Yang mengejutkan, tiga camat bersaing berebut kursi Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jembrana dan Kadis Koperasi, Perindustruan, Perdagangan (Koperindag) Jembrana, karena mereka tembus peringkat 3 besar untuk kedua posisi tersebut. Mereka adalah Camat Mendoyo Gede Sujana, Camat Negara I Komang Agus Adinata, dan Camat Melaya I Wayan Andy Suka Anjasmara.

Untuk lelang jabatan Kadis PMD Jembrana, Gede Sujana (Camat Mendoyo) berhasil menduduki peringkat teratas, dengan mengatasi Komang Agus Adinata (Camat Negara) dan Wayan Andy Suka Anjasmara (Camat Melaya). Sedangkan untuk seleksi jabatan Kadis Koperindag Jembrana, Komang Agus Adinata menduduki peringkat teratas, mengungguli Gede Sujana dan Wayan Andy Suka Anjasmara.

Siapa di antara ketiga camat tersebut yang nantinya dipilih menduduki kursi Kadis PMD Jembrana dan Kadis Koperindag Jembrana, tergantung pilihan Bupati Jembrana I Putu Artha atas rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Namun, pemegang peringkat teratas dalam seleksi punya peluang terbesar untuk dipilih jadi pejabat Eselon II.

Ada 7 jabatan Eselon II yang diperebutkan melalui proses lelang di Timsel. Peringkat 3 besar masing-masing jabatan yang diperebutkan, telah diumumkan Timsel, Selasa kemarin, di papan pengumuman Sekretariat Daerah Jembrana dan juga melalui website Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jembrana www.bkpsdm.jembranakab.id.

Dari 21 nama yang diumumkan lolos 3 besar untuk seleksi 7 jabatan Eselon II itu, 16 nama di antaranya merupakan 8 orang yang sebelumnya melamar di dua jabatan berbeda, termasuk 3 camat tadi (yang maisng-masing ajukan dua lamaran untuk jabatan Kadis PMD dan Kadis Koperindah).

Sedangkan 5 orang lagi yang ajukan dua lamaran jabatan, masing-masing Ka-bid Bina Marga Dinas PUPRKP Jembrana I Wayan Sudiarta, Kepala Kantor Kesbangpol Jembrana IGP Ngurah Darma Putra, Kabag Humas & Prokol Setda Jembrana I Komang Suparta, Kabag Perlengkapan Setda Jembrana I Wayan Sudana, dan Sekretaris BKPSDM Jembrana Putu Ngurah Wirawan.

Kabid Bina Marga Dinas PUPRKP Wayan Sudiarta berhasil tembus peringkat teratas dalam seleksi jabatan Kadis Lingkungan Hidup (LH) Jembrana. Sedangkan Kabag Humas dan Protokol I Komang Suparta tembus ranking teratas untuk seleksi jabatan Kadis Penanaman Modal Pelayan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Jembrana.

Sementara, Kepala kantor Kesbangpol I GP Ngurah Darma Putra tembus ranking teratas untuk jabatan Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan (Hukpolpem) Jembrana. Sebaliknya, Kabag Perlengkapan I Wa-yan Sudana tembus peringkat teratas untuk jabatan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan (Ekbangkeu).

Hanya Sekretaris BKPSDM Jembrana, Putu Ngurah Wirawan, yang gagal tembus peringkat teratas. Ngurah Wirawan menduduki peringkat tiga dalam seleksi jabatan Kaadis Sosial Jembrana, karena diungguli oleh Direktor RSUD Jembrana dr Made Dwipayana (yang menduduki rangking satu) dan Kepala Pelaksana PBPD Jembrana Ketut Rko Susila Artha Permana (yang tempati rangking dua).

Sekda Jembrana, I Made Sudiada, mengatakan nama-nama yang masuk peringkat 3 besar hasil lelang 7 jabatan Eselon II yang dilakukan Timsel sudah diajukan ke Bupati Putu Artha. Bahkan, sudah ditentukan pula siapa yang terpilih sebagai pejabat Eselon II. Namun, Made Sudiana enggan menjelaskan siapa-siapa yang terpilih. Dia meminta untuk menunggu hasil final setelah mendapat rekomendasi dari KASN.

“Ini sekarang masih di Jakarta untuk mendapatkan rekomendasi KASN.  Lihat saja nanti. Kemungkinan hari ini (kemarin) juga sudah dapat rekomendasi,” ujar Sudiada yang juga Ketua Timsel Lelang 7 Jabatan Eselon II Pemkab Jembrana saat dikonfirmasi NusaBali dari Negara, Selasa kemarin.

Yang jelas, kata Sudiada, setelah ada keputusan final siapa-siapa yang terpilih menempati 7 jabatan Eselon II itu, pihaknya akan mempersiapkan pengisian terhadap 7 jabatan Eselon III yang ditinggalkan pejabat terpilih. Sesuai rencana, pelantikan 7 pejabat Eselon II hasil proses lelang ini akan dilakukan bersamaan dengan gerbong mutasi saat peringatan 3 tahun kemeimpinan pasangan I Putu Artha-I Made Kembang Hartawan (Paket Abang) selaku Bupati-Wakil Bupati Jembrana 2016-2021, Minggu (17/2) depan.

“Untuk draft mutasi di bawah Eselon II memang sudah kami siapkan. Tetapi, untuk finalnya tetap menunggu pengisian 7 jabatan Eselon II,” tandas Sudiada. *ode

Komentar