nusabali

Bupati Suwirta Jadi Pembicara Simposium JKN di Era UHC

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-jadi-pembicara-simposium-jkn-di-era-uhc

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali menjadi tamu istimewa sebagai pembicara dalam acara Simposium Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Era Universal Health Coverage (UHC), di Gedung Auditorium Widya Sabha Uttama, Kampus Warmadewa, Denpasar, Senin (11/2) sore.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati dipercaya membahas bidang ini karena komitmen Pemkab Klungkung dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Klungkung.

Berkat komitmen itu, November 2017, Kabupaten Klungkung meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) dalam upaya memenuhi hak asasi masyarakat dalam bidang kesehatan. Satu prestasi yang luar biasa bagi Klungkung meskipun kabupaten ini tidak memiliki pendapatan asli daerah (PAD) tinggi.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, perjalanan Pemkab Klungkung menuju UHC bermula  dari melihat masyarakat klungkung masih kurang dalam jaminan kesehatan. Namun dengan didasari niat dan kerja keras yang tinggi, komitmen menyukseskan UHC dapat diwujudkan. Faktor yang mempengaruhi tercapainya UHC di Kabupaten Klungkung, jelas Bupati, yakni perbdeaan data jumlah penduduk antara Badan Pusat Statistik (BPS) dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klungkung. Berbagai upaya dilakukan untuk mengejar target tersebut, salah satunya adalah menggencarkan Program Bedah Desa untuk mendata penduduk yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan.

Bupati Suwirta mengatakan, jika kesehatan tidak terlayani secara baik akan berdampak penambahan kemiskinan  penduduk. "Makanya saya ambil keputusan dalam keterbatasan, satu langkah untuk semuanya, yaitu dengan bedah desa. Dengan bedah desa bisa melihat situasi kesehatan keseluruhan," ujarnya

Selain Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, hadir sebagai pembicara dalam simposium tersebut, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Dinas Kesehatan Bali dan BPJS Regional Bali,  NTB,  NTT PERSI Bali. *wan

loading...

Komentar