nusabali

Puluhan Hektare Padi di Penasan Terancam Gagal Panen

  • www.nusabali.com-puluhan-hektare-padi-di-penasan-terancam-gagal-panen

Pasca jebolnya senderan yang menutupi saluran irigasi di Subak Penasan, Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, puluhan hektare sawah setempat tidak mendapatkan air.

SEMARAPURA, NusaBali
Mengingat sejak kejadian tiga minggu lalu, air dari hulu tidak bisa mengalir di saluran tersebut. Para petani pun khawatir akan terjadi gagal panen.  Upaya pembersihan material longsoran telah dilakukan oleh anggota (krama) Subak Penasan secara manual. Tetapi upaya ini belum membuahkan hasil. Pemkab Klungkung selanjutnya turun tangan dengan menerjunkan satu unit alat berat untuk membersihkan material longsoran, Senin (11/2).

Kelian Subak Penasan Komang Artana menyatakan jika material longsoran ini dibiarkan terlalu lama, kemungkinan besar padi di Subak Penasan panennya tidak maksimal, bahkan gagal panen. Mengingat saluran irigasi ini sebagai jaringan primer atau satu-satunya sumber saluran air yang mengairi sekitar 143 hektare sawah di Subak Penasan. “Kalau dibiarkan semakin lama akan semakin besar kerugian kami,” ujar Artana.

Menurutnya, sekitar 60 hektare sawah di Subak Penasan saat ini memasuki masa tanam efektif. Sejak terjadinya longsor, sekitar 600 petani Subak Penasan sudah melakukan upaya pembersihan secara manual, tetapi belum membuahkan hasil. Dengan bantuan dari pemerintah, berharap material longsor ini cepat tertangani sehingga lahan Subak Penasan tidak menjadi lahan tidur. “Mudah-mudahan cepat penanganannya agar subak kami tidak menjadi lahan tidur,” ucapnya.

Sementara itu, pembersihan material longsoran di saluran irigasi Subak Penasan dilakukan dengan menerjunkan satu unit alat berat milik Dinas PU Kabupaten Klungkung. Pembersihan material longsoran sempat dipantau Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Wabup yang juga seorang penekun spiritual bahkan memohon putunjuk niskala dengan sarana sesajen yang dihaturkan di ujung saluran irigasi berupa terowongan. Atas petunjuk yang didapat, Wabup meminta krama subak agar membuat palinggih (bangunan suci) di sekitar terowongan saluran irigasi tersebut. “Upaya niskala juga kita tempuh untuk memohon petunjuk agar air segera bisa mengalir,” ujar Wabup Kasta.*wan

Komentar