nusabali

Anggaran PKB 2019 Menurun, Tabanan Hanya Kirim 13 Materi

  • www.nusabali.com-anggaran-pkb-2019-menurun-tabanan-hanya-kirim-13-materi

Anggaran Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019 untuk Pemerintah Kabupaten Tabanan kembali mengalami penurunan setiap tahun.

TABANAN, NusaBali
Untuk tahun ini anggaran yang didapat hanya sekitar Rp 1,6 miliar, berkurang dari tahun 2018 yang mencapai Rp 1,9 miliar. Imbasnya Tabanan hanya akan mengirim 13 materi dari 24 materi yang semestinya dikirim.

Adapun materi PKB yang tidak akan dikirim Tabanan di antaranya, drama gong, prembon, film dokumenter yang sifatnya pagelaran. Namun pada PKB mendatang Tabanan akan melibatkan sekitar 1.000 seniman.

Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan Gusti Ngurah Supanji menyatakan, anggaran PKB 2019 sebesar Rp 1,6 miliar itu sudah termasuk dana BKK dari provinsi. “Ini anggaran untuk PKB, juga termasuk anggaran untuk PKB kabupaten,” ungkapnya, Minggu (10/2).

Dengan berkurangnya anggaran tersebut, Tabanan akan mengirim 13 materi PKB. Sisa materi lainnya masih berusaha untuk dicarikan pendanaannya. “Ya kami baru bisa menyiapkam 13 materi untuk PKB. Kami masih kesulitan kemampuan, untuk menampilkan yang lain harus ada dorongan lain untuk menampilkan,” imbuhnya.

Supanji dan jajarannya masih akan berusaha menampilkan seluruh materi PKB. “Pembinaan sudah kami mulai sejak setahun lalu, tetapi berbanding lurus dengan dana yang tersedia. Jika kami dapat dana lebih, tentu saja bisa lebih banyak yang kami tampilkan. Sekarang tergantung keuangan daerah, yang penting kami tampil dengan kwalitas seni,” tandasnya. *de

loading...

Komentar