nusabali

Merajan Agung Puri Nongan Gelar Ngenteg Linggih

  • www.nusabali.com-merajan-agung-puri-nongan-gelar-ngenteg-linggih

Warih Dalem Sukawati di Banjar Saren Kaler, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem, menggelar Karya Melaspas lan Ngenteg Linggih Agung di Pura Merajan Agung, Puri Agung Pidada, Nongan, Saniscara Kliwon Krulut, Sabtu (9/2).

AMLAPURA, NusaBali
Karya ini dipuput dua sulinggih.  Dua sulinggih yang muput yakni Ida Pedanda Gede Wahayan Tianyar dari Griya Menara, Banjar Punia, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen dan Ida Pedanda Gede Gianyar dari Griya Menara, Banjar Tilem, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem. Hadir pada acara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawatia alias Cok Ace, Ketua KDS (Keturunan Dalem Sukawati) Pusat Tjokorda Gede Putra Sukawati, Ida Dalem Semara Putra dari Puri Agung Klungkung, dan undangan lainnya.

Upacara Melaspas berlangsung di dua tempat yakni di jaba Pura Merajan Alit dan Pura Merajan Agung. Lanjut, Pacaruan dan Ngenteg Linggih diakhiri Mendem Panca Datu di setiap palinggih, untuk menambah sakralnya palinggih.

Panglingsir Puri Agung Pidada Nongan I Dewa Gede Sukawati menjelaskan, sebenarnya karya serupa di Pura Merajan Agung telah dilaksanakan tahun 2007. Setelah melakukan pamugaran Puri Agung Pidada Nongan tahun 2017, dengan membangun Bale Dangin, Bale Kaler, Bale Dauh, Bale Pawaregan, Jineng, Candi Bentar, Candi Gelung, Bale Tamu, ternyata Pura Merajan Agung, posisinya di bawah bangunan yang baru dibangun. Maka, palinggih ditinggikan. "Makanya kembali menggelar upacara Melaspas lan Ngenteg Linggih," jelas mantan guru Matematika di SMA Paniae, Papua 1995-2005 ini.

Perbaikan puri tersebut, katanya, atas saran dari almarhum ayahnya, I Dewa Ketut Pidada Sukawati, sepulang ke Bali tahun 2005.

Pada pelaksanaan upacara itu juga diundang pasemetonan Warih Dalem Sukawati, antara lain dari Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semara Putra, Prof Tjokorda Raka Putra dari Puri Agung Saraswati Klungkung, Tjokorda Made Putra dari Puri Agung Semara Negara, Klungkung dan lainnya. Dari Dalem Sukawati Gianyar yakni Tjokorda Raka Tresna, Tjokorda Ngurah Putra, dan lainnya, dari Puri Ubud Tjokorda Gde Putra Sukawati dari Puri Saren Agung Ubyd, Tjokorda Alit Kertiyasa dari Puri Ibah, Ubud, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dari Puri Saren Agung Ubud, dan adiknya Tjokorda Gde Raka Sukawati, dan sejumlah tokoh lainnya. Dari Puri Peliatan, Ubud Tjokorda Gde Putra Nindia dari Puri Peliatan, Tjokorda Bagus Krisna Dalem dari Puri Anyar, Tjokorda Agung Suparta Trisnu dari Puri Rangki, juga diundang dari Puri Bungbungan, Puri Pesaban, Puri Timuhun, dan lainnya,  *k16

loading...

Komentar