nusabali

Puluhan Lampu Mati di Pura Besakih

  • www.nusabali.com-puluhan-lampu-mati-di-pura-besakih

Puluhan titik lampu mati, dan banyak titik yang tanpa lampu, serta di beberapa bagian jaringan kabel rusak, dan korslet.

AMLAPURA, NusaBali
Puluhan titik lampu penerangan mati karena rusak dan korslet, di jalur Pura Penataran Agung Besakih. Jalur ini mulai dari Pura Manik Mas Besakih, Puri Soring Ambal-Ambal, hingga Pura Penataran.

Ketua Panitia Karya Panca Walikrama di Pura Besakih Jro Mangku Widiartha berharap PT PLN Persero segera menyalurkan bantuan berupa CSR untuk perbaikan jaringan. Ia berharap pamedek pada malam hari tidak kesulitan melintasi jalur tersebut karena gelap. Harapan itu disampaikan Jro Mangku Widiartha di Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Minggu (10/2).

Kata dia, puluhan titik lampu mati, dan banyak titik yang tanpa lampu, serta di beberapa bagian jaringan kabel rusak, dan korslet. Apalagi memasuki musim hujan, kabel yang kurang terpelihara sangat membahayakan pamedek. Selama ini, penataan di Pura Besakih hanya sebatas memperbaiki Wantilan Mandapa Sri Kesari Warmadewa, memasang paping di areal wantilan, dan Pura Penataran Agung Besakih. Sehingga penataan lampu belum dilakukan.

Padahal di malam hari pemedek bermasalah, apalagi selepas Puncak Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh yang puncaknya Purnama Kadasa, Buda wage Menail, Rabu (20 Maret 2019), pemedek diperkirakan membeludak dari pagi hingga tengah malam. "Kami selaku panitia segera berkoordinasi dengan petugas PT PLN Wilayah Bali, agar mengarahkan CSR-nya ke Pura Besakih. Sebab, jaringan listrik perlu dicek keberadaannya, agar tidak membahayakan pemedek, terutama yang sempat korslet," harapnya.

Sedangkan lampu penerangan di terminal dan di jalan raya, telah ditangani Dinas Perhubungan Karangasem. Sebab, Dinas Perhubungan Karangasem punya kewenangan melakukan pemeliharaan. "Khusus untuk areal Pura Besakih, bukan kewenangan Dinas Perhubungan Karangasem," katanya.

Di bagian lain, Kadis Perhubungan Ida Bagus Putu Suastika mengatakan, telah melakukan perbaikan lampu penerangan yang mengalami kerusakan di jalur Pura Besakih, mulai dari jalan raya hingga terminal. "Kalau di jalan raya dan terminal, kami punya kewenangan, secara rutin kami lakukan pemeliharaan," katanya.

Memang katanya, lampu banyak yang rusak ada juga perlu perbaikan. "Kami rutin melakukan pemeliharaan, di samping menindaklanjuti penanganan pengaduan masyarakat," tambahnya.

I Dewa Gede Surya Mastra, Manager PT PLN Persero UP Karangasem dihubungi ada nada sambung, hanya saja tidak merespons.*k16.

Komentar