nusabali

Seleksi Politeknik Negeri Se Indonesia Mulai Dibuka

  • www.nusabali.com-seleksi-politeknik-negeri-se-indonesia-mulai-dibuka

Sebanyak 42 politeknik negeri Se-Indonesia mulai membuka seleksi masuk bagi calon mahasiswa melalui dua jalur.

JAKARTA, NusaBali
Prosesnya tidak hanya melalui seleksi akademik, namun juga ujian masuk. Akses siswa-siswi Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) semakin terbuka luas. Selain dapat mendaftarkan diri ke perguruan tinggi akademik (universitas dan institut), calon mahasiswa juga dapat mendaftarkan diri ke politeknik negeri.

Saat ini politeknik negeri merupakan salah satu pilihan bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Politeknik menghasilkan lulusan terampil dan memiliki sertifikasi sehingga dapat bersaing di dunia kerja dan industri.

Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Politeknik Negeri mengumumkan bahwa ada dua jalur seleksi mahasiswa politeknik negeri, yaitu jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPN).

“Seringkali siswa-siswi hanya mengandalkan SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) dan SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) untuk kuliah di perguruan tinggi negeri, padahal mereka juga bisa mendaftarkan diri melalui jalur PMDK-PN dan UMPN untuk masuk Politeknik Negeri,” kata Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Se-Indonesia, Zainal Nur Arifin, Kamis (7/2) lalu dilansir okezone.com. Terdapat 42 politeknik negeri dari ujung barat ke timur wilayah Indonesia yang tergabung dalam jalur seleksi ini. Dengan demikian, melalui jalur politeknik ini ditawarkan ratusan program studi yang linear, mulai dari saintek, sosial, pariwisata, dan bahasa.

Zainal menerangkan, PMDK-PN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri vokasi dengan menggunakan seleksi akademik dan prestasi non-akademik. Jalur ini dibuka untuk lulusan SMA/SMK/ MA yang masih duduk di kelas 12 atau kelas 3 semua jurusan.

Pendaftaran PMDK-PN dibuka serentak mulai 4 Februari hingga 6 April 2019. Masyarakat yang berminat mendaftar bisa mengakses informasi mekanisme pendaftaran melalui laman www.pmdk.politeknik.or.id.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar dapat menghubungi sekolah untuk kemudian mendapat rekomendasi dari pihak sekolah. Berikutnya, pendaftar akan memperoleh username dan password yang digunakan untuk melengkapi isian dan mengunggah dokumen pendukung.

Zainal menegaskan bahwa pendaftaran jalur ini dilakukan secara online, sederhana, dan tidak dipungut biaya. Pendaftaran pun tidak dibatasi kuota tertentu serta akreditasi sekolah tidak menentukan kuota pendaftar. “Seusai jalur PMDK-PN ini, kami juga akan membuka jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri Nasional. Jadi, silahkan dimanfaatkan kesempatan ini untuk bisa belajar di salah satu perguruan tinggi negeri vokasi di Indonesia, Politeknik,” jelas Zainal. *

Komentar