nusabali

Kolam Eks Galian C Makin Dangkal

  • www.nusabali.com-kolam-eks-galian-c-makin-dangkal

Kubangan atau kolam di eks galian C Kungkung di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, sempat menelan belasan korban jiwa pada tahun 2017.

SEMARAPURA, NusaBali
Kini semenjak diterjang material banjir lumpur akibat erupsi Gunung Agung, kolam-kolam tersebut mengalami pendangkalan.

Selama tahun 2018 hingga kini, nihil korban jiwa di kubangan tersebut. Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klungkung I Putu Widiada, mengatakan korban jiwa akibat tenggelam saat mandi maupun mancing di eks galian C Klungkung, terbanyak terjadi  tahun 2017. Rata-ratakan seorang tenggelam per bulan. “Kami juga sudah pasang papan imbauan di beberapa titik eks galian C, tapi tetap dibaikan warga sehingga ada saja korban,” ujar Widiada kepada NusaBali, Minggu (10/2).

Seiring berjalannya waktu, jela dia, terjadi erupsi Gunung Agung hingga memuntahkan pasir. Akibatnya, sebagian kubangan di eks galian C terjadi pendangkalan bahkan ada yang sudah rata. Sejak saat itu tidak ada lagi dilaporkan korban tenggelam ketika mandi, berenang, maupuan mancing di eks galian C. Guna mengantisipasi penggalian pasir liar di eks galian C hingga memicu kubangan, Satpol PP Klungkung memasang portal di beberapa titik galian C.*wan

loading...

Komentar