nusabali

Ketua TP PKK Bali Kagumi Taman Hatinya PKK Desa Keliki

  • www.nusabali.com-ketua-tp-pkk-bali-kagumi-taman-hatinya-pkk-desa-keliki

Gerakan Hatinya (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) PKK, tidak hanya membuat indah pekarangan rumah.

GIANYAR, NusaBali

Gerakan ini juga bisa bermanfaat untuk pemilik rumah. Karena tanaman Toga (tanam obat keluarga) bisa menjadi sebuah taman yang sangat asri.

Hal itu ditegaskan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster saat mengunjungi rumah milik pasangan  suami-istri, I Made Sudarsana - Ni Ketut Sinar Arianti, di Banjar Bangkiang Sidem, Desa Keliki, Kecamatan Payangan, Gianyar. Rumah ini menjadi rumah contoh Hatinya PKK, serangkaian Harmonisasi Sinkronisasi Program Pokok PKK Tahun 2019 di Kabupaten Gianyar, Kamis (7/2).

Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra, Ketua TP PKK Provinsi Ny Putri Suatini Koster, tampak mengagumi keanekaragaman jenis tanaman di natah (halaman rumah) rumah milik Ni Ketut Arianti. Semua jenis tanaman dapur seperti tanaman empon-empon, sayuran hingga tanaman obat- obatan lengkap ditata seperti sebuah taman.

Hal tersebut sesuai konsep Hatinya PKK. Ditegaskan Ny Putri Suatini Koster, konsep tanaman tidak harus bernuansa taman yang penuh dengan bunga. Namun bagaimana bisa membuat taman yang indah, tapi dengan jenis tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. “Saya sangat kagum dengan kepiawaian masyarakat di Desa Keliki, mereka mampu menata taman bermaterikan Toga, sayur, dan lainnya, Ini tentu sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Inilah yang saya harapkan, agar apa yang indah ini bisa di tularkan pada masyarakat sekitar,” tegas Ny Putri Suastini Koster.

Dirinya tidak ingin gerakan seperti ini hanya untuk 1 - 2 rumah percontohan di saat lomba PKK saja. Akan tetapi merata hingga semua pekarangan masyarakat di Bali. Hingga kurun waktu 2 - 3 tahun ke depan, pekarangan rumah di Bali menjadi asri dan bermanfaat.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, program Hatinya PKK sudah bersinergi dengan program di masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah) terkait di Pemkab Ganyar. Antara lain, Dinas Lingkungan Hidup Gianyar. Kata dia,  pelestarian lingkungan tak hanya peran TP PKK Kabupaten, namun juga kecamatan dan desa. Peran itu, antara lain, pemberian bantun bibit pohon dan pengolahan sampah anorganik.

Pada kesempatan itu, Ketua TPPKK rovinsi Bali Ny Putri Suastini Koster memberikan bantuan Rp 27 juta. Dana ini Rp 15 juta untuk bantuan rumah contoh Hatinya PKK dan Rp 12 juta bantuan PMT (pemberian makanan tambahan) untuk balita dan warga lansia (lanjut usia).

Selain mengunjungi rumah contoh Hatinya PKK, rombongan juga mengunjungi UP2K di Banjar Keliki, Desa Keliki, yang mengolah produk kerajinan ramah lingkungan. Hadir pula, Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Diana Agung Mayun, Ketua DWP Kabupaten Gianyar Ny Dwikorawati Wisnu Wijaya, Ketua Gatriwara Gianyar Ny Tagel Winarta, dan OPD terkait. *Isa

Komentar