nusabali

Pamedek Masih Bawa Kantong Plastik

  • www.nusabali.com-pamedek-masih-bawa-kantong-plastik

Nunas Tirta di Pura Besakih

AMLAPURA, NusaBali
Pamedek di Pura Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, masih terlihat membawa canang terbungkus kresek. Mereka yang bawa plastik untuk nunas tirta tidak dilayani oleh pamangku di Pura Penataran Besakih. Sebaliknya mereka diingatkan agar saat nunas tidak dengan kantong plastik sekali pakai.

Pantauan di Pura Besakih, Rabu (6/2) masih terlihat pamedek keluar masuk di Pura Penataran Agung Besakih membawa canang terbungkus kresek dan dibawanya dengan cara ditenteng. Usai melakukan persembahyangan tibalah saatnya pamedek bersangkutan mohon tirta kepada Jro Mangku Istri Purni. Maka Jro Mangku Istri Purni mengingatkan tidak lagi melayani pamedek bagi yang mohon tirta dengan plastik. “Tolong nanti ke Pura Besakih bawa tempat tirta dari toples atau dari bokor kecil, di sini tidak lagi melayani menggunakan plastik,” ucap Jro Mangku Istri Purni.

Begitu juga Ida Mangku Bagus Putu Seloka dari Geria Menanga yang ngayah di Pura Penataran Agung Besakih mengingatkan pamedek yang membawa banten terbungkus kresek dan menegur pamedek yang merokok di areal pura. “Kami menegur pamedek yang merokok dan membawa banten terbungkus kresek. Sebab di areal pura telah terpasang larangan sesuai Pergub No 97 tahun 2018,” jelas Ida Mangku Bagus Putu Seloka. Ia hanya mengingatkan pamedek, terkait ketentuan yang telah diberlakukan. “Kenyataannya lihat sendiri, masih banyak pamedek yang datang membawa banten terbungkus kresek. Belum sepenuhnya tertib,” katanya.

Ida Mangku Bagus Putu Seloka mengatakan pamedek tidak etis membawa canang terbungkus kresek dengan cara ditenteng, mestinya canang diletakkan di atas. Tetap melakukan teguran kepada pamedek dengan bahasa yang santun sesuai sor singgih sehingga tidak menyinggung perasaan. Beda dengan menegur wisatawan yang nyelonong masuk areal pura jika ditegur malah melawan dengan alasan dirinya telah bayar. Salah satu petugas pecalang Desa Pakraman Besakih menyebutkan penertiban terkait larangan membawa banten terbungkus kresek belum efektif diberlakukan. *k16

Komentar