nusabali

Polda-Desa Canggu Siap Tangkal Hoaks

  • www.nusabali.com-polda-desa-canggu-siap-tangkal-hoaks

Polda Bali terus bersinergi dengan masyarakat untuk mengantisipasi adanya berita bohong (hoaks) dan ujaran kebencian.

Demi Pileg/Pilpres yang Kondusif

MANGUPURA, NusaBali
Kali ini, Polda Bali melalui Direktorat Intelkam melakukan simakrama (silaturahmi) ke Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Selasa (5/2) malam dalam upaya melakukan pencegahan dan antisipasi hoax.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban tersebut hadir Bendesa Adat Canggu, I Nyoman Sujapa, Wadir Intelkam Polda Bali AKBP Dwi Wahyudi SIK, serta sejumlah tokoh masyarakat Canggu. “Kami bersama krama Desa Canggu hari ini berkomitmen bagaimana mengantisipasi berita hoaks dan ujaran kebencian yang saat ini mulai menjamur banyak di masyarakat,” ujar Dwi Wahyudi.

Kata dia, aparat desa merupakan penyaring informasi di tingkatan pemerintahan paling bawah. Dengan demikian informasi apapun yang masuk bisa dikoordinasikan sebelum sampai kepada masyarakat. “Di sini ada Polsek Kuta Utara siap 24 jam, apabila ada informasi yang meresahkan masyarakat bisa disampaikan kepada petugas Polsek,” tegas mantan Kapolsek Kintamani, Bangli ini.

Menurut Dwi Wahyudi menjaga kondusifitas dan keamanan itu peran serta masyarakat sangat besar. Pihaknya apresiasi dengan Desa Adat Canggu yang berinisiatif mengundang Polda Bali untuk memberikan arahan bagaimana cara mengantisipasi dan menghindari berita hoaks dan ujaran kebencian. “Inisiatif Desa Adat Canggu bersurat kepada Polda Bali diterima Dir Intelkam,” ujar alumni Akpol 1997 ini.

Untuk menjaga kondusifitas Bali, dalam waktu dekat ini Kapolda Bali akan mengundang seluruh Bendesa Adat di Bali untuk menyamakan pandangan dan persepsi dalam mengamankan Bali. Sementara Bendesa Adat Canggu, I Nyoman Sujapa, secara terpisah mengatakan pihaknya berterimakasih dengan Polda Bali yang telah hadir di Desa Canggu guna bersama-sama melakukan antisipasi adanya berita hoaks.

“Kami berterimakasih dengan Polda Bali, kami merasa agak waswas, apalagi Canggu merupakan daerah yang heterogen,” tegas Sujapa. Kehadiran jajaran Polda Bali kemarin kata Sujapa memberikan arahan dan paparan tentang informasi, bagaimana menyikapi adanya hoaks, terlebih dalam menyikapi masa penyelenggaraan Pileg dan Pilpres sangat penting bagi masyarakat. *nat

loading...

Komentar