nusabali

Truk Boks Terguling di Gitgit

  • www.nusabali.com-truk-boks-terguling-di-gitgit

Sebuah truk boks pengangkut sembako dan berbagai barang keperluan sehari-hari terguling di jalur Singaraja-Denpasar via Gitgit, Minggu (3/1) pukul 08.00 WITA.

SINGARAJA, NusaBali
Diduga truk mengalami out off control saat memasuki tikungan saat jalan menurun di kimometer 14-15 wilayah Banjar Dinas Peerenan Bunut, Desa Gitgit, Kecmaatan Sukasada, Buleleng. Beruntung tak ada korban dalam kejadian tersebut.

Kecelakaan lalu lintas tunggal itu berawal saat truk bernomor polisi B 9376 VCC berwarna kuning di bagian depan truk melaju dari arah Selatan menuju Utara (Denpasar-Singaraja). Kendaraan yang mengangkut penuh barang mulai dari sembako, makanan ringan hingga sabun dan keperluan rumah tangga dikemudian Wisnu Sukarni, 41, warga Desa Gunung Sari, Kecamatan Maesan, Bondowoso, Jawa Timur.

Namun saat akan melintas di jalan sedikit menurun dan tikungan ke kiri sopir Wisnu tiba-tiba tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya. Ia pun terpaksa membanting stirnya kearah tebing tanah yang ada di sebelah barat jalan untuk menghindara tabrakan dan masuk ke jurang. Namun karena benturan terlalu keras, mobil yang dikemudikannya itu pun oleng dan akhirnya terguling di tengah jalan.

“Tadi saya dari jam setengah enam berangkat dari gudang di Denpasar, mau drop barang ke sejumlah toko cabang di Buleleng, awalnya sih baik-baik saja, tapi pas masuk mau tikungan ini remnya seperti tidak berfungsi,” kata Wisnu. 

Ia yang ikut terguling di dalam truk yang dikendarainya kemudian langsung bergegas turun menyelamatkan diri. Beruntung ia tak mengalami luka sedikitpun. Sedangkan arus lalu lintas yang sempat tersendat segera ditangani dengan sistem buka tutup, hingga truk itu berhasil dievakuasi menggunakan mobil derek.

Wisnu yang salama bekerja sebagai sopir mengaku sudah sering mengantarkan barang melalui jalur bedugul. Hanya saja kejadian ini baru pertama kali dialaminya. Sementara itu Kasat Lantas Polres Buleleng, AKP Putu Diah Kurniawandari dikonfirmasi terpisah kemarin membenarkan kejadian tersebut.

Hanya saja pihaknya belum dapat memastikan penyebab pasti kecelakaan dan masih dalam tahap penyelidikan. “Kami masih akan lidik dulu. Dugaan sementara karena OC,” ungkap perwira kelahiran Jembrana ini. 

Terkait seringnya kecelakaan truk boks pengangkut barang yang terjadi di jalur Denpasar-Singaraja via Gitgit ini, AKP Diah pun mengatakan sejauh ini pihaknya sudah mengupayakan untuk memberikan peringatan maksimal.

Salah satunya dengan memasang peringatan untuk berhati-hati dengan sejumlah baliho yang terpasang di sejumlah titik sepanjang jalur ekstrim ini. Namun ia tak menampik jika kecelakaan tidak dapat dihindari karena adanya faktor kelalaian pengendara maupun kelaikan kendaraan yang digunakan saat itu, termasuk beban muatan yang diangkut.*k23

Komentar